Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur


Siska

By Siska
Sabtu, 29 Oktober 2016 10:19:41

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?



Admin
Visitor

By Admin
Sabtu, 29 Oktober 2016 10:44:13

Selamat pagi juga siska, memang benar jika wanita yang telah mengalami keguguran maka akan terjadi perubahan hormon sehingga dibutuhkan waktu untuk mengatur regulasi hormon di dalam tubuh. Dan wanita yang telah mengalami keguguran umumnya akan mengalami mentruasoi setelah 4 sampai 12 minggu, namun tentunya tidak semua begitu ada juga kasus yang membuat menstruasi tidak kunjung datang. Memang benar adanya jika terlalu lelah akibat dari aktifitas yang terlalu berat dapat berpengaruh pada kesimbangan hormon yang berpengaruh pada siklus mentruasi. Itu salah satu penyebabnya yang membuat kondisi gangguan mentruasi lebih parah. Selain dari aspek siklus menstruasi yang tidak teratur ada beberapa penyebab lainnya yaitu:


Stres psikis
Pola gizi yang buruk
Penurunan/kenaikan berat badan yang drastis
Obesitas
Efek samping penggunaan kontrasepsi
Gangguan hormon tiroid
PCOS/sindrom polikistik ovarii

Untuk kasus anda, mengingat anda sudah tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan lebih ada baiknya anda langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik juga tes pendukung seperti USG, tes darah, dll. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyebab lainnya yang mengganggu siklus menstruasi anda. berikut ini beberapa anjuran yang sebaiknya anda lakukan:


Istirihat yang cukup
Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Jangan melakukan kegiatan berat dan jangan terlalu lelah
Menjaga berat badan ideal
Jangan melakukan diet ketat
Hindari stres

Informasi berikut ini bisa bermanfaat: Tips Merangsang Kehamilan Yang Efektif
, Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top