Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Penyakit Radang Panggul Pada Remaja


Rizkiana Maulana Putri

By Rizkiana Maulana Putri
Kamis, 10 November 2016 14:14:55

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan...



Rani Anggraeni
Admin

By Rani Anggraeni
Kamis, 10 November 2016 16:20:58

Selamat sore Rizkiana, Radang Panggul atau pelvic inflammatory disease (PID) ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman. Infeksi kuman ini biasanya didahului dengan infeksi di daerah vagina atau serviks, kemudian menyebar sampai ke panggul. Penyebab menyebarnya infeksi paling sering ini karena hubungan seksual yang beresiko. Kuman menular seksual seperti chlamydia dan gonore merupakan beberapa diantara kuman penyebab radang panggul diantara yang lainnya. Tapi ada juga pada beberapa kasus PID yang tidak dicetuskan karena berhubungan seksual, meskipun kasusnya jarang terjadi. Perlu pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menegakkan diagnosis PID ini, karena kadang juga ada kondisi lain yang memiliki gejala seperti PID, kondisi-kondisi yang gejalanya mirip dengan PID tersebut antara lain:
**Kista ovarium
**Apendistis atau radang usus buntu
**Sistitits atau radang kandung kemih
**Tumor
Penanganannya nantinya akan disesuaikan dengan diagnosis yang ditegakkan oleh dokter. Jika memang PID maka terapinya berupa pemberian obat antibiotik. Konsultasikan mengenai hal ini lebih lanjut kepada dokter kandungan. Untuk upaya pencegaha anda bisa membaca artikel lengkapnya di situs curhatbidan.com mengenai Upaya Pencegahan Penyakit Radang Panggul Pada Wanita. Semoga Membantu:))



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top