×

Sperma Kosong, Apakah Normal ?

Bagikan Artikel :

Home Diskusi Sperma Kosong, Apakah Normal ?

1 balasan, 5 tahun, 7 bulan yang lalu

Viewing 1 reply thread
  • Author
    Posts
    • #2094
    • Santana jaya

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

  • #2247
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Selamat siang terimakasih telah berkonsultasi kepada kami
    pengeluaran sperma yang sedikit atau bakan tidak ada sama sekali disebabkan oleh ejakulasi retrograde yaitu ondisi medis yang ditandai dengan aliran balik dari air mani kedalam kandung kemih, sehingga air mani yang keluar dari penis sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Tentu keadaan ini akan menyulitkan Anda memiliki keturunan karena kehamilan terjadi karena adanya pertemuan sel sperma dan sel telur. JIka sel spermanya tidak ada maka tidak akan terjadi kehamilan.
    Pria yang ingin mendapatkan pasangannya hamil masih memiliki kesempata. Pengobatan biasanya dimulai dengan mengeluarkan sperma setelah ejakulasi; Ini mungkin melibatkan mengisolasi sperma dari kandung kemih. Beberapa obat mencoba untuk mendorong ke depan (antegrade) ejakulasi. Jika usaha ini gagal, dokter akan mencoba mengekstrak sperma tanpa meminta pria tersebut untuk ejakulasi. Prosedur bedah untuk menghilangkan sperma meliputi:

    1. Aspirasi saperma testis (TESA): Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal, dan menggunakan jarum untuk mengeluarkan sperma dari testis.

    2. Aspirasi sperma epididimis perkutan (PESA): Prosedur ini menggunakan anestesi lokal, bergantung pada jarum untuk mengeluarkan sperma dari epididimis (saluran yang terhubung ke testis).

    3. Ekstraksi sperma testis (TESE): Seperti TESA, TESE menghilangkan sperma langsung dari testis karena obat penenang. Tidak seperti TESA, TESE membutuhkan sayatan pada testis.

    Setelah seorang dokter berhasil melepaskan air mani, mereka kemudian dapat membantu pasangan pria untuk hamil dengan salah satu dari dua cara berikut:

    1. Pemupukan in vitro (IVF): Prosedur ini melibatkan pengambilan telur dari wanita dan kemudian dipupuk dalam cawan petri. Saat embrio tumbuh, seorang dokter menanamkannya ke dalam rahim wanita tersebut.

    2. Intrauterine insemination (IUI): Dengan prosedur ini, dokter menyuntikkan air mani langsung ke rahim wanita saat dia sedang berovulasi.
    Untuk pengobatan suami Anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    Viewing 1 reply thread
    Log In

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan