Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Sperma Kosong, Apakah Normal ?


Melia Rasya

By Melia Rasya
Sabtu, 12 November 2016 08:23:44

Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?



Euis Lisnawati
Admin

By Euis Lisnawati
Sabtu, 12 November 2016 08:26:18

Waalaikum Salam Melia, sebelumnya terima kasih sudah mau bertanya di curhatbidan.com

Apakah yang dimaksud dengan sperma kosong ? Untuk mengetahui jumlah sel sperma yang diperlukan oleh analisis sperma. Apakah yang Anda maksud tadi merupakan jumlah sperma sedikit ? Sudah melakukan pemeriksaan sperma sebelumnya ? Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan Azoospermia atau sperma kosong berikut diantaranya :



  • Kurang waktu istirahat atau tidur

  • Kelelahan

  • Kelebihan berat badan

  • Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras

  • Stress berkepanjangan, panik, depresi

  • Suhu di sekitar testis yang terlalu panas

  • Tidak seimbangnya hormon testosteron

  • Varicocele

  • Kelainan kromosom

  • Infeksi saluranm reproduksi


Kegiatan sehari - hari yang padat bisa menjadi salah satu penyebab yang secara tidak langsung mempengaruhi efek psikologisnya dan meskipun seperti itu masih ada faktor yang lain yang digali lebih dalam.

Sayangnya, penyebab sperma sekitar 60% tidak diketahui berasal dari mana dan sebagian besar tidak bisa diobati seperti kelainan kromosom. Jika tidak mengetahui penyebabnya dengan jelas maka tidak ada pengobatan khusus yang mampu mengatasi gangguan sperma Anda. Tapi Anda masih bisa berkonsultasi dengan spesialis urologi untuk mengatahui penyebab penurunan kadar sperma Anda. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat bisa menjadi cara mudah untuk membantu memperbaiki sperma Anda.

Namun jika sudah hampir beberapa bulan dan tidak ada perubahan yang meningkatkan kualitas dan jumlah sperma Anda, maka Anda bisa mencoba melakukan program bayi tabung untuk melakukan inseminasi buatan dan mendapatkan keturunan.

Selama Anda masih mempunyai sperma maka Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan keturunan dan konsultasikanlah dengan dokter atau bidan kandungan untuk mendapatkan solusi terbaik bersama. Anda juga membaca mengenai Mengenal Penyakit Azoospermia, untuk mengetahui lebih dalam tentang sperma kosong.

Demikian informasi yan dapat kami sampaikan, semoga bisa membantu.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top