Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Makanan pengganti ibu hamil


Astria

By Astria
Sabtu, 12 November 2016 13:42:10

Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?



Admin
Visitor

By Admin
Sabtu, 12 November 2016 13:43:33

Selamat siang bu Astria, selama masa hamil tentunya kebutuhan akan gizi wajib dipenuhi untuk menunjang perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Tentuya setiap ibu hamil tidak diharuskan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar, cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibiu hamil dan baik untuk janin.

Nah berbicara mengenai makanan yang memiliki nutrisi yang baik bagi perkembangan janin, apa saja sih kandungan nutrisi yang baik bagi janin? Dan beberapa kandungan nutrisi tersebut seperti zat besi, asam folat, kalsium, yodium, kolin, DHA, vitamin C, dan vitamin D. Dan beberapa zat tersebut memang banyak kdi temukan pada sayur-sayuran. Namun untuk anda yang tidak menyukai sayuran maka anda masih bisa mendapatkan beberapa kandungan nutrisi tersebut pada sumber makanan lainnya. Berikut ini beberapa sumber makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan :

- Asam folat bisa juga didapat dari kacang merah, kacang kedelai, kacang edamame, alpukat, stroberi, sayuran hijau, beras berwarna cokelat, jeruk. dll.

- Zat besi bisa juga didapat dari daging tanpa lemak, buah kering, kacang-kacangan, makanan laut, dll.

- Kalsium bisa juga didapat dari susu, keju, susu kedelai, kacang merah, tahu, tempe, dll.

- Vitamin D bisa didapat dari ikan laut (namun disarankan yang aman dari merkuri), telur, daging

Selain dengan beberapa jenis makanan diatas anda juga dapat memenuhi asupan nutrisi harian ibu hamil dengan mengkonsumsi suplemen dengan kandungan nutrisi yang sama. Namun tentunya jika anda ingin mengkonsumsi suplemen di anjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis untuk mendapatkan suplemen yang tepat dan aman. Semoga berkmanfaat terimakasih



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top