Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kanker ovarium pada wanita remaja


Suci M.Icad

By Suci M.Icad
Kamis, 24 November 2016 14:39:52

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.



Rani Anggraeni
Admin

By Rani Anggraeni
Jum'at, 25 November 2016 09:53:51

Hallo Suci. Penyakit kanker bisa menyerang semua usia, dari mulai bayi sampai lanjut usia. Tergantung dari jenisnya, ada yang lebih sering mengenai usia lanjut seperti kanker usus besar, kanker lambung. Kanker ovarium ini termasuk kanker yang lebih sering menyerang usia lanjut, terutama yang menjelang menopause. Gejalanya seperti:
** Benjolan pada perut
** Sakit perut bawah
** Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
** Mual, kembung dan sering BAK.
Diagnosa kanker ovarium ditegakkan melalui pemeriksaan dokter dan pemeriksaan darah, USG/CT-Scan/MRI yang khas. Dan setelah diagnosa tersebut ditegakkan, dokter akan merencanakan pengobatan, yakni dengan kemoterapi atau pembedahan. Jika terdapat gejala-gejala yang tampak berkaitan dengan kanker, hal ini perlu disingkirkan lebih dahulu penyakit-penyakit lain yang lebih lazim. Seperti perut kembung, selain kanker, gangguan pencernaan lebih mungkin menjadi penyebabnya dari pada kanker. Benjolan diperut perempuan remaja atau muda justru sebaiknya dicurigai sebagai kehamilan daripada kanker. Hal ini bisa dikonfirmasi melalui pemeriksaan dokter dan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, air seni dan USG. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah bersedia memakai layanan Curhatbidan.com untuk masalah kesehatan anda. Salam Sehat!



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top