Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Sakit perut saat hamil berbahaya kah?


Lina

By Lina
Sabtu, 26 November 2016 09:55:16

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya



Admin
Visitor

By Admin
Sabtu, 26 November 2016 10:18:41

Selamat pagi juga bu lunia terimakasih telah menggunakan curhatbidan.com


Sakit perut saat sedang hamil memang menjadi hal yang menganggu kenyamana namun bisa dikatakan wajar terjadi. Ada beberapa sakit perut saat hamil hamil yang dikategorikan normal juga ada juga yang menandakan adanya kompikasi kehamilan.

Kategori sakit perut normal biasanya disebabkan karena adanya perubahan tubuh saat hamil. Sakit kram yang tajam bisa terjadi seiring dengan membesarnya ukuran rahim.

Tidak hanya itu sakit perut normal saat hamil juga dapat disebabkan oleh konstipasi, adanya gas di dalam perut, dan kontraksi palsu.

Yang harus anda waspadai adalah jika sakit perut yang diiringi dengan demam, mual, muntah, menggigil, sakkit kepala parah, pendarahan, keluar cairan pada vagina, penglihatan kabur, bengkak pada area wajah, tangan, dan kaki, kram perut parah, juga adanya darah pada urin. Jika hal tersebut berlangsung lama dan tidak membaik setelah beristirahat hal tersebut sudah termasuk kedalam kategori berbahaya. Terlebih lagi jika kondisi tersebut lebih parah dibarengi dengan sesak napas dan sulit berjalan. Hal tersebut bisa di katakan kompikasi kehamilan.

Komplikasi kehamilan sangat berbahaya dan dapat ditandai dengan sakit perut yang bisa menyebabkan keguguran, kehamilan ektopik, lahir prematur, preeklamsia, juga infeksi saluran kemih.

Sangat di sarankan untuk anda jika mengalami sakit perut yang tidak kunjung membaik diiringi dengan gejala lainnya sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter spesialis kandungan.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top