Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kehamilan Setelah KB


Disti Hanifa

By Disti Hanifa
Sabtu, 17 Desember 2016 08:50:51

Assalamualaikum bu bidan ...

Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

Terima kasih.



Euis Lisnawati
Admin

By Euis Lisnawati
Sabtu, 17 Desember 2016 08:52:08

Waalaikum salam mbak Disti, sebelumnya terima kasih sudah menggunakan layanan curhatbidan.com untuk bertanya.

KB 1 bulan merupakan salah satu metode kontrasepsi dimana kombinasi antara hormon progestin serta estrogren disuntikkan di lengan atas, paha atau bokong serta metode ini sesuai dengan namanya yaitu suntik 1 bulan sekali. Memilih KB suntik adalah cara yang lebih praktis jika dibandingkan dengan KB pil obat, mengingat harus mengkonsumsi pil KB setiap hari. Tapi meskipun seperti itu ada kekurangan dengan menggunakan metode suntik KB satu bulan. Setelah KB suntik satu bulan dihentikan, menstruasi baru akan kembali normal 2-3 bulan kemudian dan kesuburan juga kembali seperti semula setelah beberapa bulan sejak KB suntik satu bulan dihentikan.

Dalam merencanakan kehamilan, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Masa subur terletak dalam 12 sampai 16 hari sebelum menstruasi berikutnya
Frekuensi hubungan seksual pada saat masa subur
Kondisi kesehatan Anda dengan pasangan termasuk imunisasi
Kebiasaan yang baik serta pola makan yang teratur seperti, menghindari rokok, minuman kerasa, narkoba, kurangi kafein, konsumsi asam folat, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, rutin berolahraga, menghindari paparan zat kimia, bulu, asap, kotoran binatang, radiasi dan hindari mengkonsumsi daging serta telur setengah matang, ikan mentah karena berpotensi mengandung kuman.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top