Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Mengkonsumsi folavit bisa meningkatkan kesuburan ?


Resi Wulansari

By Resi Wulansari
Sabtu, 31 Desember 2016 09:26:18

Halo bu bidan saya Resi Wulansari, selamat pagi bu .

Bu saya saat ini sedang mengkonsumsi folavit dan sudah berjalan satu bulan. Saya searching di internet kalau folavit katanya bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Sebenarnya saya mengkonsumsi folavit tanpa resep dari doker dan apakah aman jima dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama ? Karena sata baru saja menikah selama 4 bulan dan belum mendapatkan momongan, kira - kira sampai waktu berapa lama kami aman mengkonsumsi folavit ? Terima kasih dok.



Euis Lisnawati
Admin

By Euis Lisnawati
Sabtu, 31 Desember 2016 09:27:46

Halo Resi, sebelumnya terima kasih sudah menggunakan layanan curhatbidan.com

Asam folat merupakan salah satu turunan vitamin B12 yang berperan dalam pembentukan sel baru serta mempertahankan pembelahan DNA yang baik. Asam folat juga penting untuk membantu membentuk sel darah merah bersama dengan vitamin B12 an Zat Besi.

Pemakain pada wanita yang sedang menjalankan program hamil sebenarnya untuk mencegah cacat tabung saraf dan suatu cacat bawan pada sumsum tulang belakang janin. Kecacatan ini bisa cukup parah sehingga janin tidak bisa bertahan hidup atau kalau tumbuh bisa menjadi masalah dikemudian hari. Maka dari itu asam folat tidak bisa dikatakan sebagai peningkat kesuburan pada perempuan tapi untuk mencegah cacat janin dan bisa mengakibatkan keguguran pada kandungan.

Untuk dosis anjurannya dianjurkan tidak melebihi 1000 mcg perhari. Pemakaian asam folat dosis tinggi berkepanjangan bisa menyebabkan kram perut, gangguan tidur, diare dan ruam. Sebagian riset mengisyaratkan adanya peningakatan resiko kanker prostat atau paru pada pemakaian asam folat dosis tinggi dan berkepanjangan. Sedangkan para peneliti lainya menyatakan adanya peningkatakn resiko serangan jantung pada mereka yang sudah memiliki gangguan jantung. Secara ilmiah saat ini belum ada patokan dasar berapa lama asam folat aman untuk bisa dikonsumsi. Tapi selama masih terdapat indikasi yang jelas untuk pemakaian obat serta besar menfaat yang dirasakan lebih banyak dari pada kerugian maka obat bisa diteruskan.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top