Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam


Tiara

By Tiara
Kamis, 12 Januari 2017 13:15:59

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?



Curhat Bidan
Admin

By Curhat Bidan
Kamis, 12 Januari 2017 13:43:19

Iyah terimakasih Bu Tiara,


Sebenarnya, anak yang tidak mau diam atau super aktif, biasanya terjadi pada usia 2-3 tahun atau bahkan lebih. Salah satu penyebabnya bisa saja dikarenakan pola asuh orang tua yang berlebihan memberikan perhatian dan stimulasi. Selain itu, terkadang anak yang super aktif bisa jadi sikap yang ditunjukan anak untuk menarik perhatian seseorang seperti orang tua misalnya.

Untuk menghadapi dan menyikapi anak yang super aktif, berikut ini caranya:
> Berikan kasih sayang yang lebih dengan menunjukkan prilaku yang sederhana pada anak seperti memeluk ketika anak mengalami bad mood, dll.
> Berikan anak anda kegiatan seru yang kreatif, menyenangkan, mengenalkan beberapa hewan, tumbuhan, dll.
> Mengawasi anak bukan berarti membuatnya menjadi terbatasi. Awasi agar anak Anda terhindar dari benda-benda yang membahayakannya.
> Jika anak memang tidak mau diam, biarkan saja. Cukup Anda mengawasi mereka
> Dengarkan mereka, Anda dapat mengajak anak anda untuk bercerita, dan berikan waktu untuk anak anda bercerita. Anak anda yang tidak bisa diam dapat membuatnya merasa tenang dan kemudian mengajaknya perlahan-lahan bercerita.
> Hindari memarahi anak, selain akan mengganggu psikologi anak. Memarahi anak yang aktif tidak akan membuatnya terkendali.
> Temukan kegiatan yang membuatnya suka, Anda dapat mengarahkan untuk mengikuti kelas khusus berenang dan berikan pengawasan. Begitu pula apabila anak anda lebih senang berkebun atau bermain dengan hewan peliharaan maka sebaiknya anda memberikan pengarahan dan pengetahuan baru pada anak anda.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top