Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Keputihan saat hamil apakah berbahaya?


Dela

By Dela
Jum'at, 13 Januari 2017 07:29:02

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.



Admin
Visitor

By Admin
Jum'at, 13 Januari 2017 07:46:59

Selamat pagi juga bu Dela.. terimakasih sebelumnya telah menggunakan curhatbidan.com


Keputihan saat hamil memang menjadi hal yang wajar saja terjadi. Karena pada saat hamil perubahan hor,,on estrogen didalam tubuh meningkat yang bisa membuat keputihan semakin banyak. Padasaat hamil leher rahim akan lebih banyak memproduksi lendir vagina maka tidak herab bukan jika keputihan saat hamil lebih banyak. Namun keputihan yang di anggap normal saat hamil yaitu keputihan yang memiliki ciri-ciri seperti berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, juga tidak menyebabkan gatal serta nyeri. Namun jika keputihan telah memiliki ciri seperti lebih kental, berbau, berubah warna, hingga menyebabkan gatal dan nyeri itu bisa dikatakan berbahaya. Keputihan abnormal menandakan adanya infeksi di dalam organ reproduksi anda.


Dalam kasus anda saya sangat sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Karena keputihan abnormal saat hamil sangat berdampak buruk bagi jani bisa meningkatkan resiko bayi prematur, pecah ketuban, hingga keguguran.

Beberapa anjuran untuk mencegah keputihan:



  • Hindari memakai celana dalam ketat

  • Gunakan bahan celana dalam yang mudah menyerap keringat

  • Usahakan agar organ intim selalu kering

  • Hindari untuk memakai celana dalam yang lembab karena bakteri atau kuman akan lebih mudah berkembang

  • Jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan apalagi yang beraroma yang tajam


Semoga informasi ini bermanfaat.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top