Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Demam Disertai Batuk Pilek Anak Di Malam Hari


Dira Agustina

By Dira Agustina
Sabtu, 14 Januari 2017 14:38:16

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih anak saya yang berusia 5 tahun sakit panas, tapi panas nya hanya pada malam hari yang disertai dengan batuk pilek dan nafsu makan yang berkurang. Kira-kira anak saya kenapa ya bu bidan mohon penjelasannya, dan bagaimana cara mengatasinya? Terimaksih bu bidan, ditunggu jawabanya.



Rani Anggraeni
Admin

By Rani Anggraeni
Sabtu, 14 Januari 2017 15:18:01

Hallo Dira, sebelumnya trimakasih sudah bertanya di layanan Curhatbidan.com ini. Perlu anda ketahui bahwa demam merupakan suatu reaksi alami dari tubuh yang muncul karena daya tahan tubuh yang sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit yang masuk ke dalam tubuh. Anak dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat celcius. Penyebab dari demam yang dialami oleh anak ini bisa diakibatkan oleh hal-hal seperti:

=> Infeksi saluran pernapasan (pilek, flu, radang tenggorokan)
=> Terjadinya pertumbuhan gigi baru pada anak
=> Efek samping imunisasi
=> Sinusitis
=> Demam berdarah / DBD
=> Infeksi saluran kemih
=> Disentri, dsb.

Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan terlebih dahulu obat penurun demam pada anak sesuai dengan dosis yang dianjurkan, beri anak makanan yang bergizi yang mudah dicerna dan juga minum air putih yang banyak, tidur dan istirahat yang cukup, kompres dengan air biasa, buat juga lingkungan yang senyaman mungkin agar anak bisa beristirahat. Jika demam pada anak anda tidak kunjung hilang lebih dari 3 hari, sebaiknya bawa anak ke dokter untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut agar pengobatan yang tepat bisa didapatkan dan anak cepat sembuh. Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan semoga bisa membantu. Salam Sehat



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top