Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Apakah Perkembangan Bayi Prematur Lambat ?


Ayunda Laras

By Ayunda Laras
Selasa, 24 Januari 2017 11:58:25

Halo, siang bu bidan. Anak saya sekarang ini usianya 3 tahun. Lahir prematur dengan berat 1 kg. Sekarang berat badan 12 kg dan tingginya 82 cm, fisiknya terlihat normal. Dia juga aktif dan mengerti apa yang diucapkan orang lain tapi perkembangannya saya rasa cukup lambat bu, dia belum belum bisa berjalan hanya merangkak lalu belum bisa bicara dan sering sakit juga. Pengobatannya seperti apa ya bu bidan ? Terima kasih.



Curhat Bidan
Admin

By Curhat Bidan
Selasa, 24 Januari 2017 13:42:45

Halo Ayunda Laras, sebelumnya terima kasih sudah menggunakan layanan curhatbidan.com

Dari data yang Anda berikan, pertumbuhan anak masih dalam batas normal dan cukup bagus untuk anak yang lahir dengan berat 1 kg. Bayi prematur memang memiliki resiko gangguan dalam perkembangan. Makin kecil usia kehamilan maka semakin berat lahir dan semakin tinggi resiko gangguan pada tumbuh kembang si kecil.

Penyebab gangguan ini bisa berbagai macam antara lain gangguan pada saat baru lahir, kematangan susunan saraf pusat, gangguan di pernapasan. Namun untuk mengetahui penyebab keterlambatan perkembangan si kecil, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih teliti.

Untuk sementara, Anda bisa mengajak anak berbicara dan melatih berdiri serta memberikan perhatian yang lebih besar. Lakukan latihan ini secasra intensif dan berikan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kangkung, bayam, multivitamin dan mineral namun disarankan terutama zat besi untuk bayi dengan berat 1 kg. Zat besi sangat penting dalam membantu tumbuh kembang anak.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top