×

Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

Bagikan Artikel :

Home Diskusi Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

1 balasan, 7 tahun, 2 bulan yang lalu

Viewing 1 reply thread
  • Author
    Posts
    • #85
    • Isti Rahmawati

Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

  • #386
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Waalaikumsalam

    Terimakasih atas pertanyaannya.
    Berdasarkan dokter spesialis yang menangani anak menjelaskan bahwa, seorang anak bisa dikatakan wajar jika sakit yang dialaminya tidak lebih dari 12 kali dalam setahun. Hal ini menunjukkan sistem imu yang berkembang sempurna sehingga rentan terkena bakteri. Namun, kondisi anak perlu dikhawatirkan jika anak harus bolak balik sakit, bahkan dalam satu bulan dapat mengalami 2-3 kali sakit.

    Sakit yang dialami anak dapat terjadi karena flu, diare atau pun batuk. Meskipun penyakit ini umum dialami oleh anak-anak akan tetapi apabila sering terjadi harus dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi anak.

    Oleh karena itu, perlu diberikan imunisasi, menjaga pencernaan, mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti makanan yang mengandung vitamin C dan E. Hal terpenting lainnya adalah menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga, serta menjauhkan si kecil dari asap rokok.

    Terimakasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa membantu Anda.

    Viewing 1 reply thread
    Log In

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan