Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Obat pencahar untuk ibu hamil


Putri

By Putri
Kamis, 16 Februari 2017 10:48:15

Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan



Admin
Visitor

By Admin
Kamis, 16 Februari 2017 11:00:19

Selamat pagi juga mba putri terimakasih sebelumnya telah menggunakan konsultasi online dari curhatbidan.com


Untuk kasus yang sedang anda alami saat ini, saya mengerti kekhawatiran anda. Ibu hamil memang pada dasarnya sangat rentan terkena sembelit. Diketahui ada beberapa faktor penyebab sembelit pada ibu hamil diantaranya:



  1. Perubahan hormon dimana pada masa kehamilan peningkatan hormon akan terjadi salah satunya yaitu hormon progesteron. Dimana dari peningkatkan hormon progesteron maka akan membuat gerakan peristaltik di saluran cerna melambat hal tersebut tentunya membuat pergerakan makanan di usus melambat juga.

  2. Wasir merupakan salah satu penyakit yang bisa di alami juga oleh ibu hamil diketahui peningkatan hormon progesteron juga ikut andil dalam penyakit wasir pada ibu hamil.


 


Untuk penggunaan obat pencahar memang banyak di pilih karena dapat membantu kontraksi usus sehingga fases lebih mudah keluar. Namun ada satu hal yang perlu anda tahu jika penggunaan obat pencahar juga dapat meningkatkan kontraksi uterus. Penggunaan obat pencahar bagi ibu hamil tentunya tidak boleh sembarangan dan harus dalam pengawasan dokter. Banyak mengkonsumsi buah ataupun sayur dengan kandungan serat yang tinggi juga banyak minum air putih dapat mencegah anda sembelit. Namun jika keluhan tidak membaik selama beberapa hari bahkan semakin parah pastikan untuk segera mendapatkan penanganan dari dokter.


 


Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top