Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Bolehkan ibu hamil facial?


Wulandari

By Wulandari
Kamis, 02 Maret 2017 09:59:14

Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya



Admin
Visitor

By Admin
Kamis, 02 Maret 2017 10:29:11

Selamat pagi mba Wulandari terimakasih sebelumnya karena telah menggunakan layanan e-konsultasi di curhatbidan.com


Untuk beberapa perempuan kehamilan dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Perubahan hormon pada saat hamil memang dapatmeningkatkan produksi kelenjar sebasea atau kelenjar minyak. Maka dari itu tidak heran banyak ibu hamil yang mengeluhkan tumbuhnya jerawat dan kulit wajah berminyak.


Untu mengatasi jerawat saat hamil sebaiknya mengkonsultasikan dengan dokter kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Faktanya tidak semua produk kosmetik ataupun produk perawatan kulit dapat di gunakan ibu hamil maka dari berkonsultasi dengan dokter kulit sangat di sarankan untuk hal ini. Diketahui ada beberapa obat jerawat seperti asam retinoat, peroksida, asam salisilat yang bersifat teratogenik artinya berbahaya bagi janin.

Adapun untuk facial memang tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk melakukan facial wajah, namun pastikan anda facial di tempat yang tepat. Maksudnya pastikan anda memilih tempat facial yang di sertai dengan dokter spesialis kulit dan kelamin sehingga untuk jenis obat ataupun produk yang digunakan saat facial terjamin lebih aman bagi ibu hamil. pada dasarnya ibu hamil boleh melakukan facial namun pastikan anda melakukannya pada tempat yang benar.

Berikut ini ada beberapa perawatan kulit berjerawat saat hamil yang bisa di lakukan:



  • Rajin mencuci wajah secara teratur 2x sehari dan sebaiknya saat menggunakan handuk jangan di gosok cukup di tepuk-tepuk lembut.

  • Untuk pemilihan produk kosmetik baik sabun muka, pembersih muka, pelembab, hingga tabir surya pastikan bebas kandungan minyak ataupun alkohol

  • Hindari memegang, menekan, hingga memencet jerawat karena hal tersebut dapat menyebabkan bekas jerawat seperti bopeng dan noda hitam

  • Untuk ibu hamil yang mempunyai jenis kulit kepala berminyak pastikan untuk mencuci rambut secara rutin. Diketahui rambut yang kotor dan berminyak dapat memicu timbulnya jerawat di kulit.



Semoga informasinya bermanfaat, salam sehat



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top