Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Sesak napas dan cepat lelah saat hamil


Febi

By Febi
Kamis, 30 Maret 2017 07:43:21

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?



Admin
Visitor

By Admin
Kamis, 30 Maret 2017 07:52:50

Selamat pagi juga bu Febi terimakasih sebelumnya telah menggunakan layanan konsultasi dari curhatbidan.com


Untuk keluhan yang ibu hadapi sekarang, pada dasarnya sesak nafas memang menjadi hal yang wajar dan banyak di rasakan oleh ibu hamil. Hal tersebut terjadi lantaran adanya perubahan hormon progesteron saat hamil. Diketahui perubagan hormon progesteron pada ibu hamil dapat berpengaruh pada kebtuhan oksigen. Tidak hanya itu nyatanya janin yang semakin membesar dapat menekan diafragma yang mengakibatkan ibu hamil merasakan sesak napas. Untuk mengatasinya cobalah dengan melakukan latihan pernapasan secara teratur seperti duduk tegak dan tarik napas secara perlahan. Latihan pernapasan saat hamil dapat membantu paru-paru mendapatkan ruang yang lebih sehingga oksigen dapat berjalan dengan optimal.


Tidak hanya melakukan latihan pernapasan saja, nyatanya mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, olahraga teratur, posisi tidur, juga menghindari minuman bersoda dan berkafein dapat membantu mengatasi sesak napsa saat hamil.


Semoga jawabannya dapat membantu bu Febi



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top