Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tinja Bayi Berwarna Hijau


Dian Putri Anjdani

By Dian Putri Anjdani
Rabu, 03 Mei 2017 11:19:42

Halo bu bidan, Bayi saya usia 5 bulan saya beri susu formula, karena ASI saya kurang. Setelah diberi susu formula anak saya setiap BAB tinjanya jadi berwarna hijau, tapi tidak demam atau rewel. Apa bayi saya tidak apa-apa ?



Shofa Afiyah
Admin

By Shofa Afiyah
Rabu, 03 Mei 2017 11:23:01

Halo Dian, terimakasih atas pertanyaannya.


Perlu diketahui bahwa warna tinja pada bayi berwarna hijau masih bisa dikatakan normal. Hal ini bisa terjadi karena susu yang dikonsumsinya tidak terdapat kandungan lemak yang sesuai dengan kebutuhannya. Lemak yang masuk melalui asupan makanan akan diproses oleh cairan empedu pada saluran pencernaan untuk kemudian diserap. Ketika lemak dari susu yang dikonsumsi tersebut kurang mencukupi, akhirnya cairan empedu tersebut terbuang melalui tinja sehingga tinja tersebut berwarna hijau.


Hal tersebut masih tergolong wajar jika hanya terjadi tanpa gejala apapun. Namun, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga terjadi akibat kondisi lain, misalnya seperti gangguan pada penyerapan, adanya infeksi pada saluran pencernaan, tidak cocok dengan susu yang dikonsumsi, dsb. Selama anak anda tidak mengalami keluhan apapun kemungkinan hal tersebut tidak apa-apa. Namun, jika anak anda mengalami kondisi muntah terus menerus, demam, dan semakin lemas, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis anak agar mendapat penganan. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter atau bidan untuk mengetahui jenis susu formula yang tepat.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top