Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pemberian susu formula pada bayi prematur


Hilda Marwa

By Hilda Marwa
Rabu, 10 Mei 2017 11:13:27

Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?



Shofa Afiyah
Admin

By Shofa Afiyah
Rabu, 10 Mei 2017 11:16:29

Siang Hilda,


Pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan memang sebaiknya diberikan ASI saja, selama tidak ada hal-hal yang menyebabkan bayi tidak dapat mengkonsumsi ASI. Pemberian ASI memberikan banyak manfaat bagi kesehatan serta tumbuh kembang bayi. Jika memang anda harus bekerja pada siang hari, anda dapat mempersiapkan ASI dalam botol susu dengan cara memompa ASI terlebih dahulu.


ASI yang telah dipompa dapat anda simpan di kulkas. ASI dapat bertahan selama 6 jam jika ditaruh di suhu ruangan, 24 jam jika ditaruh di kantong es, 5 hari jika ditaruh di kulkas dengan suhu 4 derajat celcius dan bahkan sampai 6 bulan jika disimpan pada suhu minus 18 deraja celcius.


Sebelum diberikan pada bayi, cairkan ASI perah yang dibekukan dengan menggunakan penghangat ASI elektrik yang bisa digunakan di rumah atau di mobil. Jika tidak ada, maka anda bisa menempatkan botol penyimpanan ASI perah ke dalam panci atau mangkuk yang berisi air hangat. Diamkan beberapa saat. Sebelum diberikan pada bayi periksa suhu ASI dengan meneteskan pada pergelangan tangan. Jika suhu sudah sesuai bisa langsung diberikan pada bayi.


Sekian dan semoga bermanfaat.



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top