Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa


Listia

By Listia
Kamis, 01 Juni 2017 08:16:47

Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims



Admin
Visitor

By Admin
Kamis, 01 Juni 2017 08:37:48

Selamat pagi juga bu Listia terimakasih seblumnya karena telah menggunakan layanan konsultasi curhatbidan.com,-


Pemberian ASI ekslusif setidaknya diberikan pada bayi hingga berumur 6 bulan dan setelah itu bayi masih berikan ASI dengan di beri tambahan MPASI ( makanan pendamping ASI). mengingat dari manfaat juga mudharatnya pada bayi Islam telah memberikan keringan untuk tidak melakukan puasa saat menyusui. Nantinya puasanya dapat di qodo atau di lakukan di bulan lainnya.


Namun dalam dunia medis diketahui melakukan puasa nyatanya tidak memiliki pengaruh buruk bagi produksi ASI. Tidak hanya itu kualitas ASI pun tidak akan berkurang saat ibu melakukan puasa karena secara ilmiah tubuh akan memberikan sumber energi lainn dari tubuh saat nutrisi ibu berkurang. Meskipun demikian ada baiknya ibu hamil melakukan beberapa hal untuk memenuhi asupan nutrisi pada saat puasa seperti:



  • Konsumsi makanan bergizi dan cukup saat berbuka puasa dan sahur. Jangan lupa juga penuhi asupan cairan anda dengan minum air putih yang cukup saat sahur dan buka. Asupan makanan dan cairan yang cukup tidak hanya memiliki manfaat bagi produksi ASI naun juga dapat membantu ibu menyusui tidak cepat lelah dan dehidrasi.

  • Kurangi aktifitas jangan terlalu lelah dan pastikan tidak melakukan aktifitas berat terlebih dahulu

  • Sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi multivitamin dibarengi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral terutama kandungan magneisum, kalium, juga zink.

  • Pastikan tidak terlalu lama berada di bawah terik matahari, usahakan agar tubuh tetap segar dan sejuk boleh sesekali menggunakan AC atau kipas angin.

  • Pastikan anda tidak memaksakan diri untuk tetap berpuasa jika mengalami hal seperti produksi ASI berkurang, pusing, pandangan kabur, dehidrasi, hingga mau pingsan. Segera batalkan puasa dan jika gejalanya masih tetap terasa segara periksa ke dokter.


Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan semoga informasinya bermanfaat


 



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top