Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi


Deris

By Deris
Kamis, 08 Juni 2017 08:32:04

Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims



Admin
Visitor

By Admin
Kamis, 08 Juni 2017 08:47:27

Selamat pagi juga pak Deris terimakasih sebelumnya karena telah menggunakan layanan konsultasi dari curhatbidan.com


Masalah perut kembung dan mengeras pada bayi baru lahir tentunya membuat para orang tua merasakan cemas. Pada dasarnya perut kembung pada bayi masih di anggap sebagai hal yang wajar terjadi mengapa demikian? nyatanya sistem pencernaan bayi memang masih belum berfungsi secara sempurna maka tidak heran jika bayi biasanya akan mengalami perut kembung.


Perut kembung pada bayi tentunya akan membuat bayi merasakan tidak nyaman hingga sangat rewel. Kemunculan gas berlebih pada bayi membuat perut bayi kembung hingga mengeras. Nah untuk membantu mengatasinya para orang tua dapat mengeluarkan gas berlebih di dalam perut bayi. Mungkin untuk anak-anak atau orang dewasa untuk mengeluarkan gas di dalam perut sangatlah mudah. Namun berbeda pada bayi peran orang tua sangat di butuhkan dalam hal ini.


Untuk cara mengatasinya coba atur posisi bayi terlentang kemudian secara perlahan angkat kedua kakinya kemudian gerakan seperti sedang mengendarai sepeda. Tidak hanya itu anda juga dapat memijat perut bayi secara perlahan searah jarum jam. Cara lainnya yang bisa bunda dan ayah lakukan yaitu saat bayi sudah minum susu gendong bayi dengan posisi tegak sehingga susu dapat masuk secara lancar kedalam perut bayi sehingga perut kembung dapat di cegah.


Jika cara-cara diatas tidak menunjukan hasil baik bahkan kondisi nbayi semakin memburuk saya sarankan untuk segera memeriksakannya ke bidan ataupun dokter spesialis anak. Semoga informasinya dapat membantu terimakasih



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top