Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Haid tidak lancar setelah melahirkan


Wahyu

By Wahyu
Kamis, 22 Juni 2017 08:12:44

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?



Admin
Visitor

By Admin
Kamis, 22 Juni 2017 08:24:13

Selamat pagi juga pa Wahyu sebelumnya terimakasih karena telah menggunakan layanan konsultasi dari curhatbidan.com


Saya mengerti kekhawatiran anda, pada dasarnya siklus menstruasi wanita pasca melahirkan biasanya dapat kembali normal dalam waktu 2 sampai 24 bulan atau setelah wanita berhenti menyusui dan itu berlangsung secara perlahan.


Dalam kasus yang sedang istri bapa hadapai saat ini nyatanya hal tersebut terbilang wajar saja, apalagi jika istri anda memberikan ASI ekslusif pada si buah hati. Pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama nyatanya bisa membuat wanita tidak menstruasi. Apa penyebabnya? faktanya isapan bayi saat menyusui nyatanya dapat menekan hormon-hormon reproduksi yang berpengaruh pada proses ovulasi sehingga menstruasi tidak akan terjadi. Bisa di katakan juga memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama mejadi alat kontrasepsi alami yang dikenal dengan MAL(Metode Amenore Laktasi)


Semoga informasinya dapat membantu terimakasih


 



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top