Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

kehamilan


ririz anindya

By ririz anindya
Rabu, 29 November 2017 10:02:38

selamat pagi bu, saya mau tanya
2 hari yang lalu saya HB pertama dg suami, besoknya langsung demam. dan hari berikutnya pagi ketika BAB kok rahim rasanya ditekan jd susah untuk mengejan. beberapa saat stlh itu vagina sy keluar darah segar & gumpalan seperti keputihan tapi berwarna merah darah. darah segar mengalir terus walaupun tdk deras, tp sy tdk merasakan apa" bu. besoknya selama 4 hari perut saya ttp merasa sakit dan susah gerak. tambah lagi PD sy sakit & sakit gigi juga. ada yg bilang itu bawaan bayi ya.
stlh seminggu TP hasilnya negatif.
apa itu berarti keguguran ya bu?
mohon penjelasannya



Bidan

By
Rabu, 31 Januari 2018 08:35:36

selamat pagi bunda, terimakasih sebelumnya telah peduli dengan kesehatan dan berkonsultasi kepada kami. perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis pendarahan pada saat kehamilan salah satunya yaitu :
1. Perdarahan karena implantasi. Implantasi adalah penempelan blastosis ke dinding rahim (bakal janin). Bunda mungkin mengalami perdarahan berupa bercak dalam waktu 1-2 minggu setelah ovulasi. Darah yang keluar sangat sedikit dan hanya keluar sekali atau beberapa kali.
2. Keguguran. Keguguran adalah keluarnya embrio secara spontan dari dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan.
Kehamilan ektopik
3. Kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) terjadi bila telur yang dibuahi menempel di tempat lain selain rahim, paling sering di dalam tuba falopi. Gejalanya yaitu Perdarahan vagina ringan, nyeri panggul mual dan muntah dengan nyeri, kram perut yang tajam, nyeri pada satu sisi tubuh, pusing atau kelemahan, dan nyeri di bahu, leher, atau rektum (anus).
4. Plasenta previa atau plasenta letak rendah adalah kondisi ketika sebagian atau seluruh plasenta menutupi mulut rahim. Perdarahan ini tanpa disertai rasa sakit dan biasanya terjadi pada 3 bulan terakhir masa kehamilan.
jika kehamilan bunda lebih dari 20 minggu kemungkinan besar bunda mengalami plasenta previa. untuk diagnosa lebih lanjut bunda bisa melakukan USG. Dan perlu diketahui juga bahwa Test Pack terdeteksi karna adanya hormon HCG pada usia kehamilan 1-11 minngu. selanjutnya akan menurun selama sisa kehamilan.
begitu bunda, semoga jawabanya memuskan dan kami tunggu konsultasi kesehatan berikutnya.
Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top