Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Sulit makan MpAsi....,,


Aan Anita

By Aan Anita
Minggu, 11 Februari 2018 19:40:57

Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu.....,,



Bidan

By
Senin, 12 Februari 2018 07:45:51

Selamat pagi terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com
MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI. Pada umur 6 bulan keadaan alat cerna sudah semakin kuat oleh karena itu, bayi mulai diperkenalkan dengan MP-ASI yang berbentuk lumat 2 x sehari dengan catatan ASI masih terus diberikan. MPASI yang pertama kali diberikan umumnya disarankan satu macam saja/rasa tunggal berturut-turut selama 3 hari. Rasa tunggal ini berguna untuk perkenalan rasa murni pada bayi serta mengindentifikasi apakah terjadi reaksi seperti alergi atau diare ketika mengkonsumsi bahan makanan tersebut. Misalnya diberikan pure pisang, lakukanlah selama 3 hari berturut- turut. Jika terjadi reaksi ibu bisa mengganti menu makanan yang lainnya. Frekuensi BAB bayi usia 6 bulan adalah 2-4 kali per hari. Jika BAB terdapat sedikit darah penyebabnya adalah penyesuaian hormon di bagian kelamin selama beberapa waktu (bayi perempuan). Saat hormon dalam tubuh si kecil sudah sesuai, bercak darah ini akan hilang dengan sendirinya. Atau bayi mengkonsumsi susu formula dan mulai makan makanan padat, BAB-nya mungkin akan tercampur dengan sedikit darah jika ia mengalami konstipasi. Ini terjadi karena tekstur BAB yang keras menekan keluar melalui anus dan menyebabkan luka. Perlu ibu ketahui bahwa ASI diproduksi hanya dari nutrisi yang bagus/sehat, sehingga kualitas ASI akan tetap terjaga meskipun ibu memakan makanan yang pedas.
Demikian penjelasan dari kami semoga membantu . Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top