Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

posisi tidur hamil menginjak 8 bulan


siti nurfajriah hasan

By siti nurfajriah hasan
Selasa, 20 Februari 2018 09:44:09

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?



Bidan

By
Selasa, 20 Februari 2018 14:53:02

Selamat siang Bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com
Keluhan Kehamilan pada trimester III yang Bunda alami saat ini normal. Hal ini diakibatkan oleh pembesaran perut, perubahan anatomis dan perubahan hormonal. Keluhan-keluhan pada trimester III diantaranya adalah nyeri punggung bawah, sesak napas, varises, haemorrhoid, ganggaun tidur, diastasis recti, nyeri pelvis dan lain-lain. Keluhan gangguan tidur yang bunda alami diakibatkan oleh posisi yang kurang nyaman sehingga kualitas tidur Bunda kurang terpenuhi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kehamilan trimester III di anjurkan untuk tidur miring kiri dengan alasan :
1. Aliran darah dan nutrisi yang diperoleh bayi melalui plasenta akan lebih maksimal. Hal ini disebabkan karena adanya vena cava inferior yang berfungsi untuk mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung.
2. Mengurangi pembengkakan pada tangan, kaki dan pergelangan kaki. Hal ini dikarenakan ginjal lebih mudah membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu.
Namun bukan berarti posisi ibu hamil saat tidur harus miring kiri, bunda bisa miring kanan ataupun terlentang dengan sanggaan bantal, setengah duduk, kaki disangga bantal agar lebih atas atau posisi sedikit tengkurap (biasanya dengan menggunakan bantal khusus kehamilan). Namun untuk posisi terlentang memang tidak boleh terlalu lama alasanya karena dapat memicu sakit punggung dan menghalangi pasokan darah utama ke tubuh dan plasenta. Akibatnya bisa menurunkan kembalinya aliran darah ke jantung, dan menyebabkan sesak nafas.
Untuk mengatasi gangguan tidur Bunda bisa mengganti posisi yang bisa membuat Bunda nyaman, untuk posisi terlentang frekuensinya dikurangi. Bunda juga perlu menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, ikut senam hamil, relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan konsumsi susu hangat, dan lainnya.
Demikian jawaban dari kami, semoga dapat membantu. Kami tunggu konsulatasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top