Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Pil Kontrasepsi


C

By C
Sabtu, 24 Februari 2018 19:19:03

Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan



Bidan

By
Senin, 26 Februari 2018 08:08:31

Selamat pagi, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com


Kontrasepsi darurat adalah kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah hubungan seksual. Sering disebut sebagai morning-after pill, pil kontrasepsi darurat adalah pil hormon yang dapat dikonsumsi wanita setelah melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Pil ini berfungsi  jika diminum maksimal 72 jam pertama setelah melakukan hubungan.
Perlu Anda ketahui bahwa kualitas sperma tidak hanya dilihat dari jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi, kehamilan terjadi bukan karena banyak nya sperma yang masuk. Hal ini tergantung pada jumlah spermatozoa pada air semen (mani) dan kecepatan pergerakanya.
Jika belum melebihi 72 jam paca hubungan seksual, ibu bisa meminum pil kontrasepsi darurat dan lakukan pengaman seperti kondom saat akan melakukan hubungan seksual selanjutnya. Setelah satu minggu dari meminum obat kontrasepsi darurat, ibu bisa melakukan test pack untuk memastikan terjadinya kehamilan atau tidak. Jika hasil test pack negatif sebaiknya ibu hubungi bidan untuk konseling pemasangan alat kontrasepsi yang sesuai.


Demikina penjelasan dari kami semoga membantu. Kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top