Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Memperlancar haid


Cherma

By Cherma
Rabu, 28 Februari 2018 16:50:50

Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.



Bidan

By
Kamis, 01 Maret 2018 08:28:25

Selamat pagi Bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com 


Jamu adalah minuman yang terbuat dari bahan-bahan tanaman seperti jahe, lengkuas, kunyit, temu lawak, temu ireng, asam, sambiloto, brotowali dan lain-lain. Pembuatan jamu terbagi menjadi dua yaitu secara manual dengan tangan manusia dan diolah dengan pabrik. Jamu dikenal memang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati penyakit ringan dan  kesehatan reproduksi. Namun perlu diketahui jamu yang dikonsumsi dengan olahan pabrik harus lulus uji BPOM dan segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk. Perlu diketahui bahwa setiap wanita mamilki siklus menstruasi yang berbeda-beda mulai dari siklus 21hari sampai 35 hari. Jika siklus menstruasi tidak teratur maka perhatikan faktor penyebabnya, salah satunya yaitu :



  • Berat badan terlalu gemuk/kurus

  • Penyakit yang kronis

  • Stres

  • kurang istirahat/tidur

  • obat-obatan tertentu

  • merokok (aktif maupun pasif)

  • kafein (kopi)

  • olahraga kurang/berlebihan

  • nutrisi yang buruk

  • ketidakseimbangan hormon

  • sindrom ovarium polikistik


Bunda bisa membaca artikel untuk memudahkan cara menghitung masa subur pada siklus menstruasi yang tidak teratur


Nanas adalah buah yang kaya akan nutrisi. Buah-buahan identik memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga pada masa kehamilan. Nanas dianggap kurang baik bagi kehamilan karena di dalam nanas terdapat zat bromelain yang dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan merangsang bagian leher rahim sehingga beresiko memicu proses kelahiran. Namun, untuk mendapatkan efek bromelain tersebut, dibutuhkan sekitar 7 buah nanas dan dengan jumlah sebanyak itu bisa memicu diare. Dan hal ini sebenarnya tidak signifikan (terutama bagi mereka yang tidak pernah mengalami riwayat keguguran dan mengkonsumsinya hanya dalam jumlah sedikit). Buah nanas sebaiknya dihindari bagi mereka yang memang memiliki riwayat keguguran dan rahim yang kurang kuat. Buah nanas boleh dikonsumsi dan sebaiknya  dikonsumsi secukupnya, serta variasikan dengan buah-buah yang lain sehingga didapatkan manfaat yang lebih besar dan asupan gizi dalam tubuh terpenuhi.


Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu. Kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top