Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan


Nurul

By Nurul
Jum'at, 16 Maret 2018 11:55:08

Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak



Bidan

By
Jum'at, 16 Maret 2018 14:52:28

Selamat siang Bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com


 


Biasanya bayi akan menghisap jari mereka sebagai ungkapan emosional ketika mereka merasa bosan, lelah, atau marah.  Tidak jarang anak-anak yang suka menghisap jempol  berlanjut hingga ke usia 8-9 tahun. Efek dari kebiasaan ini akan membuat kerusakan pada gigi dan anak mudah sakit karena masuknya kuman atau bakteri lewat tangan  yang dihisap tanpa dicuci terlebih dahulu. Salah satu cara untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan menghisap jari adalah :


1. Mulailah Sejak Usa Dini


Menghentikan kebiasaan menghisap jempol pada bayi akan lebih baik dilakukan sedini mungkin. Seiring bertambahnya usia anak sudah memiliki pemikiran dan pendiriannya sendiri akan apa yang dipilihnya. Usia bayi ketika ia mulai menghisap jempol adalah setelah 18 bulan, diusia ini bayi mulai mengenal benda dan memegang mainan, jempollah yang menjadi objek mereka, dan untuk bisa menggantikannya akan lebih baik digantikan dengan objek lain, seperti mengalihkannya pada mainan yang higienis dan aman tentunya.


2. Alihkan Kebiasaannya


Ketika anda mendapati si kecil tengah menghisap jempolnya, cobalah alihkan perhatiannya dengan kegiatan yang mengharuskannya menggunakan kedua tangannya. Seperti misalkan, berikan boneka kemudian pinta ia memeluk dengan kedua tangannya atau dengan aktivitas lain yang memungkinkan kedua tangannya beraktivitas, sehingga jempolnya tidak terus-terusan ia hisap.


3. Jangan Menegur atau Memarahinya


Ketika anda menemukan kebiasaan ini menjadi kebiasaan anak, jangan sesekali memarahinya. Berpura-puralah tidak melihat apa yang dilakukan anak, kemudian lakukan pengalihan. Tindakan memarahi atau mengeluarkan jari-jari secara paksa dari mulutnya, hanya akan membuatnya merasa kuat dan melakukan hal tersebut lebih parah, karena pada dasarnya, ketika anak dicegah melakukan sesuatu, kecenderungan mereka untuk melakukannya lebih parah akan semakin tinggi.


4. Bagian Dari Stres yang Timbul Pada Anak


Anak-anak yang mengalami tekanan lingkungan yang tinggi, mengalami kesulitan perkembangan atau masalah sosial dilingkungannya akan cenderung lebih sering menghisap jempol. Untuk itu, cari penyebab yang membuatnya mengalami stres dan tertekan. Jika hal ini terjadi pada usia yang lebih tua, maka atur jadwal tidurnya menjadi lebih awal, buat jadwal kegiatan sehari-harinya menjadi lebih sedikit atau periksakan ke dokter


Kebiasaan anak menghisapi jempolnya terus-menerus mungkin saja bisa menimbulkan keluhan penyakit dikemudian hari. Hal ini dikarenakan potensi kuman yang berpindah dari tangan ke mulutnya kan semakin besar. Untuk itu, segera hentikan kebiasaan anak dari menghisapi jempol.


Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top