Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kehamilan


andriani

By andriani
Sabtu, 31 Maret 2018 06:42:42

Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih



Bidan

By
Sabtu, 31 Maret 2018 08:24:53

Selamat pagi Bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com


Semua kehamilan tentu memiliki risiko.  Namun rsiko akan menjadi cukup tinggi pada kehamilan dengan usia ibu di atas 35 tahun. Umur ibu juga mempengaruhi kapasitas tropiknya, sehingga pada ibu dengan umur lebih tua (>35 tahun) cenderung mempunyai bayi yang  berat badannya lebih rendah. Ibu hamil pada usia ini mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mempunyai anak dengan kelainan, persalinan lama,  dan perdarahan. Hal ini terjadi karena kesehatan ibu mulai menurun, fungsi rahim menurun dan kualitas sel telur berkurang. Bunda tidak perlu khawatir karena  hal ini bisa dicegah dengan cara :



  1. Rutin menjaga kebugaran tubuh.

  2. Berkonsultasi kepada dokter mengenai asupan gizi yang perlu bagi kesehatan kehamilan. Jangan lupakan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumi makanan sehat bernutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan janin.

  3. Rutin melakukan kunjungan pemeriksaan kepada dokter kandungan atau bidan.

  4. Segeralah melakuan screening atau tes untuk mencegah resiko yang membahayakan ibu dan anak. Pemeriksaan yang bisa dilakukan seperti, USG, Triple Test dengan mengambil sampeldarah, Nuchal Translucency yang mengukur ketebalan belakang leher janin, dan Amniocentesis yaitu pengambilan cairan ketuban dari dalam rahim, yang selanjutnya dikirim ke laboratorium genetik untuk dilihat adakah kelebihan atau kelainan kromosom.

  5. Disarankan untuk mengonsumi minuman suplemen asam folat

  6. Melakukan olahraga low impactjuga bisa dilakukan untuk melatih stamina selama menjalani kehamilan.


Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top