Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

kesuburan


Wiwin Kusmawati

By Wiwin Kusmawati
Minggu, 01 April 2018 09:02:04

Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
januari menst tgl 10
Febuari menst tgl 10
Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..



Bidan

By
Senin, 02 April 2018 13:18:10

Selamat siang Bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhabidan.com


Siklus menstruasi dikatakan normal pada  rentang siklus 21 hingga 35 hari. Yang saya lihat dari data 2 bulan siklus mentruasi bunda adalah 29-31 hari, hal ini normal. Untuk mempercepat memiliki momongan, bunda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini yaitu :


 


1.Periksakan Kesehatan Kedua Pasangan


Periksakan kondisi kesehatan seputar masalah reproduksi dan juga kesuburan kedua pasangan menjadi poin utama dalam list pemeriksaan. Pemeriksaan tingkat kesuburan tidak hanya dilakukan oleh wanita, namun juga oleh pria. Hal ini dikarenakan tingkat kesuburan dipengaruhi oleh kedua pasangan. Tentu tidak akan terjadi kehamilan jika tingkat kesuburan pada salah satu pasangan terganggu atau bahkan tidak subur.


2. Deteksi Masa Subur Anda


Masa subur adalah masa ovarium akan melepaskan ovum (sel telur) yang akan bergerak menuju tuba falopi. Jika tidak terjadi pembuahan maka sel telur akan meluruh bersama darah menstruasi. Jika bunda dalam keadaan masa subur dan mengharapkan kehamilan bunda di anjurkan untuk melakukan hubungan seksual. Namun masa subur setiap wanita berbeda-beda tergantung pada siklus menstruasi. Untuk menentukan masa subur bunda bisa membaca artikel menentukan masa subur wanita


3. Terapkan Gaya Hidup Sehat


Bagaimanapun juga gaya hidup sehat sangat mendukung seseorang saat menjalankan program hamil. Pola hidup sehat tentunya harus dijalankan oleh kedua pasangan. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh yang sehat dapat membuat program hamil Anda lebih lancar dan cepat.


Jika Anda saat ini gemar mengonsumsi alkohol atau merokok, sebaiknya Anda merubah gaya hidup Anda yang tidak sehat tersebut. Pasalnya, alkohol dan rokok dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita ataupun pria. Orang yang mengonsumsi alkohol dapat mengurangi 50% untuk mendapatkan kehamilan.


4. Mulailah Meminum Suplemen dan Vitamin


Disamping melakukan olahraga yang teratur, mulailah untuk meminum vitamin dan juga suplemen untuk meningkatkan kesuburan. Tentunya, Anda harus memilih vitamin yang mengandung asam folat yang tinggi. Beberapa jenis vitamin yang mendukung tingkat kesuburan diantaranya vitamin C, D dan E.  Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma terutama bagi pria. Sedangkan wanita disarankan untuk mengonsumsi vitamin C sekitar 1000 mg. Asam folat tentunya mendukung dalam perkembangan otak janin kelak.


5. Aturlah Frekuensi Hubungan Seksual


Tidaklah benar bahwa seringnya Anda berhubungan dapat membuat Anda cepat mendapatkan keturunan. Tidak sedikit pasangan yang tidak tahu akan hal ini. Terlalu sering berhubungan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama sistem reproduksi. Untuk itu, mengatur frekuensi berhubungan intim tentunya menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Pasalnya, pembuahan dapat terjadi jika sel sperma dapat membuahi sel telur.


Namun, jika melakukan hubungan intim dengan sering tanpa mengetahui kapan masa subur, mungkin hal tersebut menjadi sangat sia-sia. Lakukan hubungan intim satu minggu sekali tepatnya satu atau dua hari sebelum memasuki masa subur agar sel telur dan juga sperma memiliki kualitas yang baik.


6. Posisi Tepat Saat Berhubungan


Pasangan yang ingin memiliki keturunan harus memperhatikan posisi ketika berhubungan intim. Memang tidak ada batasan atau larangan posisi ketika melakukan hubungan intim. Namun, alangkah baiknya jika Anda melakukan hubungan intim dengan posisi yang tepat sebagai jalan dan usaha agar keinginan memiliki keturunan dapat tercapai.


Conothnya adalah  pria berada di atas tubuh wanita saat berhubungan. Juga disarankan agar menyimpan bantal di bawah pinggul wanita agar mulut rahim terendam oleh cairan sperma serta posisi vagina dapat mudah dicapai. Setelah terjadinya ejakulasi, maka sebaiknya pria berposisi sujud agar sperma dapat dengan mudah masuk ke dalam serviks wanita. Usahakan agar wanita terus berbaring atau menungging setelah melakukan hubungan seksual agar sperma tidak menetes dan terbuang keluar.


7. Hindari Stres dan Tetap Rileks


Jika Anda bersungguh-sungguh ingin memiliki keturunan, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat membuat Anda stres. Hal-hal tersebut tentunya dapat berasal dari mana saja baik keluarga, teman ataupun pekerjaan. Jika memang terdapat masalah yang dapat membuat Anda stres, lebih baik jangan terlalu Anda pikirkan dan fokuslah program kehamilan yang sudah Anda jalankan tahap per tahap.


 Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top