Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Menstruasi yang terlalu lama


Cheriesa Maradeka Kusuma

By Cheriesa Maradeka Kusuma
Rabu, 04 April 2018 16:34:42

Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih



Bidan

By
Kamis, 05 April 2018 10:04:17

Selamat pagi bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com


Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Jika menstruasi memanjang lebih dari 14 hari dan bertutut-turut kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG agar diketahui penyebabnya secara detail dan  dapat dilakukan tatalaksana yang optimal. Salah satu penyebab dari menstruasi yang berkepanjangan adalah penebalan dinding rahim (endometrium), ini dapat terlihat melalui pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan. Penyebab lain dari menstruasi berkepanjangan adalah:



  • Infeksi

  • miom rahim

  • endometriosis


Bunda juga perlu memperhatikan pola hidup sehat, karena pola hidup sehat dapat mempengaruhi siklus menstruasi setiap wanita. Pola hidup sehat terdiri dari :



  • menjaga berat badan ideal

  • menghindari dan mengelola stres

  • berolah raga teratur

  • tidak merokok

  • Konsumsi makan makanan yang bernutrisi tinggi


Sebenarnya dalam dunia medis, tindakan bekam belum ditemukan relevansinya terhadap kesehatan, namun jika Bunda menyakini tindakan bekam dapat mempengaruhi kesehatan maka perlu di perhatikan kebersihan dan kesterilanya. Karena alat yang digunakan bekam bisa digunakan oleh beberapa orang dan berkaitan dengan cairan tubuh, dikhawatirkan alat yang tidak steril akan mengundang penularan penyakit dan beberapa infeksi.


Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top