Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar... makasih


octa

By octa
Jum'at, 06 April 2018 20:28:18

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar... makasih



Bidan

By
Sabtu, 07 April 2018 14:16:40

Selamat siang bunda, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di www.curhatbidan.com


Kontraksi palsu atau dikenal dalam dunia medis sebagai kontraksi Braxton Hicks merupakan hal normal yang terjadi pada wanita hamil usia 37- 42 minggu. Kontraksi ini terjadi karena adanya persiapan rahim untuk menghadapi persalinan. Ibu tidak perlu cemas, ada beberapa hal yang mampu merangsang untuk timbulnya tanda-tanda persalinan salah satunya yaitu :


Ada beberapa cara untuk merangsang persalinan yang bisa ibu lakukan secara alami supaya persalinan bisa segera dilakukan. Berikut ini beberapa cara merangsang persalinan secara alami yang bisa Anda lakukan.



  1. Perbanyak jalan kaki


Jalan kaki adalah salah satu cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk membantu posisi janin menuju ke jalan lahir. Hal ini bisa dilakukan kapan saja, baik itu saat di rumah sambil melakukan pekerjaan rumah, jalan pagi dengan suami dan sebagainya. Dengan demikian, akan merangsang timbulnya tanda-tanda pasti persalinan..



  1. Berhubungan seksual


Berhubungan seksual dapat merangsang kontraksi persalinan. Selama berhubungan seks, tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi. Selain itu, cairan sperma mengandung hormon prostaglandin yang mampu merangsan kontraksi dan saat dapat membantu melenturkan leher rahim, sehingga akan melebar. Namun, saat berhubungan seksual, sebaiknya ibu berhati-hati dan lakukan dengan posisi senyaman mungkin, misalnya ibu melakukannya dengan cara berbaring.



  1. Menstimulasi payudara


Menstimulasi payudara, akan menyebabkan pengeluaran hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi. Stimulasi payudara ini dapat ibu hamil lakukan sendiri maupun dengan bantuan suami. Stimulasi payudara dilakukan di daerah puting payudara. Stimulasi dilakukan dengan cara melakukan suatu gerakan melingkar pada puting, menggosok dengan halus, dan juga memijat dengan lembut. Lakukan teknik stimulasi puting ini secara rutin setiap hari. Lakukan stimulasi puting payudara selama kurang lebih 15-20 menit menggunakan telapak tangan. Anda bisa melakukannya dalam beberapa kali dalam sehari untuk merangsang persalinan. Stimulasi puting payudara dapat dilakukan bergantian antara puting payudara kanan dan kiri. Ibu hamil dengan kehamilan berisiko seperti darah tinggi, diabetes, dan preeklampsia sebaiknya tidak melakukan stimulasi ini atau bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.


Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam


 



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top