Curhat Bidan
curhat bidan
curhat bidan

Kehamilan


Rizka Rahmawati

By Rizka Rahmawati
Kamis, 03 Mei 2018 10:21:36

Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih



Bidan

By
Jum'at, 11 Mei 2018 10:21:10

Selamat siang, terimakasih telah berkonsulatasi kepada kami di www.curhatbidan.com 


Perlu diketahui, peluang setiap wanita untuk hamil adalah 15-25 persen setiap bulannya. Perempuan berpeluang besar untuk hamil jika berhubungan seks ketika masuk masa subur, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur (ovulasi). Sel telur tersebut akan bertahan hidup selama 12-24 jam setelah dilepaskan.


Ovarium Ibu normalnya melepaskan satu sel telur setiap bulannya, dan sekitar 14 hari setelah sel telur dilepaskan, jika tidak dibuahi, lapisan dalam rahim Ibu akan meluruh dan periode menstruasi pun dimulai.


Jika bunda telat menstruasi dan tes kehamilan menunjukkan hasil yang negatif, salah satu penyebabnya adalah :



  • Berat badan tidak normal. Penurunan berat badan secara berlebihan atau berat badan yang rendah dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Begitu pula keadaan berat badan terlalu rendah ataupun obesitas. Bila berat badan Anda tidak normal, Anda dianjurkan untuk menjalani pola makan yang sehat dan seimbang disertai dengan rutin berolahraga.

  • Alat kontrasepsi hormonal juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, sehingga memungkinkan Anda mengalami telat haid. Jenis kontrasepsi seperti implan, pil atau suntik bisa menyebabkan ketidakteraturan haid. Bila Anda sudah tidak menggunakan alat kontrasepsi, biasanya butuh waktu hingga enam bulan untuk kembali ke siklus menstruasi yang normal.

  • Kadar hormon prolaktin terlalu tinggi. Tanda-tanda kadar hormon prolaktin yang terlalu tinggi dapat dilihat dari keluarnya cairan, seperti susu dari puting payudara, baik saat Anda hamil, menyusui, atau tidak keduanya.

  • Stresbisa berdampak kepada hormon bahkan bagian otak yang bertugas mengatur periode menstruasi. Stres yang berkepanjangan bisa memicu penyakit atau perubahan berat badan secara tiba-tiba, baik berupa kenaikan atau penurunan. Kondisi tersebut pada gilirannya akan mengganggu siklus menstruasi. Jika Anda merasa stres, cobalah untuk melakukan relaksasi. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan pola makan yang baik dan olahraga secara teratur juga dapat membantu memulihkan siklus menstruasi.



  • Kondisi medis tertentu, seperti sindrompolikistik ovarium, kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau tidak aktif, serta penyakit kronis seperti diabetes juga dapat berpengaruh kepada siklus menstruasi. Sindrompolikistik ovarium diduga timbul akibat ketidakseimbangan hormon. Gejalanya meliputi adanya kista pada ovarium atau indung telur dan haid yang tidak teratur atau tidak haid.


Salah satu cara untuk mempercepat kehamilan adalah dengan meningkatkan kesuburan. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa perubahan untuk mempersiapkan tubuh. Ada trik-trik tertentu yang dapat dilakukan untuk segera mendapatkan buah hati salah satunya :



  1. Teraturlah berhubungan seks


Peluang sperma membuahi sel telur pada 4-5 hari menjelang masa-masa ovulasi, dan pada hari ovulasi itu sendiri. Maka sebaiknya Anda melakukan hubungan seks dalam periode ini. Masalahnya, penelitian menemukan bahwa tubuh sering tidak berproses tepat waktu seperti mesin. Masa-masa ovulasi dapat bergeser karena banyak faktor seperti stres dan olahraga berlebihan. Nah, untuk mengantisipasi  bergesernya waktu ovulasi, disarankan untuk berhubungan seks secara rutin setidaknya 3-4 kali seminggu. Untuk pria, pastikan memiliki kadar sperma yang cukup.



  1. Gaya hidup sehat


Gaya hidup sehat sangat penting saat Anda merencanakan kehamilan. Anda dan pasangan disarankan untuk melakukan hal-hal berikut. Berolahraga teratur dapat meningkatkan tingkat kesuburan. Namun perlu diingat, berolahraga berlebihan dapat berakibat sebaliknya. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Menjaga kebersihan makanan, dan mencuci tangan secara teratur setelah memasak atau menyiapkan makanan.



  1. Konsumsi asam folat


Asam folat penting untuk mempersiapkan perkembangan janin. Anda disarankan untuk mengonsumsi tablet asam folat selama masa perencanaan kehamilan. Selain dalam bentuk suplemen, asam folat secara alami banyak terkandung dalam sayuran seperti brokoli, kacang hijau, bayam, kentang, dan sereal. Asam folat yang cukup diperlukan untuk kesehatan janin. Wanita disarankan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari



  1. Konsumsi vitamin E


Vitamin E mampu meningkatkan kesuburan yang bertugas sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan mampu melindungi sistem reproduksi Anda dari radikal bebas atau kerusakan sel yang membuat dinding rahim menipis. Vitamin E juga mampu bertindak sebagai antikoagulan alami. Antikoagulan akan mengencerkan darah yang membeku di area panggul dan rahim wanita. Dengan begitu, peredaran darah di rahim jadi lancar. Peredaran darah yang lancar bisa memicu peningkatan ketebalan dinding rahim. Selain itu, vitamin E dan mineral mampu meningkatkan kualitas sel sperma laki-laki. Dalam studi ini, para ahli mengamati bahwa pria yang mendapat asupan vitamin E dan selenium memiliki sperma dengan pergerakan (motilitas) dan bentuk yang lebih baik.


Hindari hal-hal atau kebiasaan berikut yang dapat mengganggu dan berbahaya saat Kamu merencanakan kehamilan seperti :



  1. Merokok, selain berbahaya bagi kesehatan dan mengurangi kesuburan, hentikan juga kebiasaan merokok, karena nantinya dapat membahayakan kandungan.

  2. Membatasi konsumsi kafein dan hentikan konsumsi minuman keras dan obat terlarang.

  3. konsumsi daging dan telur setengah matang dan ikan mentah karena berisiko mengandung bakteri, virus atau parasit.

  4. Hindari juga jenis-jenis ikan yang berpotensi mengandung merkuri dan susu yang tidak terpasteurisasi.


Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam



Balas Pertanyaan

Tanya Bidan
Top