Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Dari
    Pertanyaan
  • #108

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

    #457

    Halo, selamat pagi ibu Arina,

    Ibu hamil yang menderita kista memang umumnya disarankan dokter melakukan operasi caesar dengan petimbangan pada keamanan serta kemudahan dalam proses pesalinannya. Tapi dalam beberapa kasus ditemukan kista yang cukup besar sehingga menghalangi jalan lahir. Jika sudah seperti ini barulah operasi caesar merupakan pilihan utama dalam proses persalinan. Sementara jika kista tidak terlalu berukuran besar, maka persalinan masih bisa dilakukan secara normal.

    Tentang bayi ibu yang belum mau turun, sebenarnya tidak selalu dikarenakan oleh kista. Penyebab lainnya bisa karena ini adalah kehamilan pertama, maka bayi baru akan turun saat menjelang persalinan dimana ibu sedang mengalami ‘mulas’ akibat kontraksi di rahim, jadi jangan panik dulu. Untuk itu sebaiknya ibu mengkonsultasikan lagi ke dokter atau bidan yang ada di lingkungan sekitar Anda untuk mengetahui bagaimana kejelasan selengkapnya tentang kondisi ibu, semoga membantu 🙂

You must be logged in to reply to this topic.