Asi

  • Dari
    Pertanyaan
  • #362

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    #652

    Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Bidan kami,

    Untuk botol asi yang pecah sebaiknya asi ini jangan digunakan, sebab takutnya sudah terkontaminasi bakteri / zat lainnya dari luar saat pecahnya botol tersebut. Untuk mencairan botol asi yang dikeluarkan dari freezer sebaiknya jangan dulu langsung dicairkan, Jika asi beku ini akan digunakan dengan segera, sebaiknya sebelumnya telah dikeluarkan dari pendingin (freezer) minimal 10-14 jam sebelumnya. Lalu pindahkan kebagian chiller (kulkas bawah) tunggu hingga mencair dengan sendirinya (biasanya butuh waktu sekitar 12 hingga 14jam).

    Selain membantu mencegah botol asi pecah, juga membantu mengontrol perubahan suhu dari asi yang dibekukan. Perlu diketahui jika perubahan suhu dari asi yang dibekukan lalu dicairkan secara mendadak, bukan hanya beresiko mengalami botol pecah, tapi juga merusak nutrisi dari asi tersebut.

    Setelah asi tersebut mencair tapi masih dalam kondisi dingin, segera keluarkan dari chiller dan dibiarkan di ruang terbuka dalam beberapa saat sampai suhunya bertahap naik baru kemudian dapat dihangatkan.

    Semoga jawaban saya membantu:)

You must be logged in to reply to this topic.