Lendir bayi

  • Dari
    Pertanyaan
  • #426

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    #719

    Selamat pagi, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Keberadaan lendir pada saluran napas bayi adalah hal yang wajar selama tidak mengganggu aktivitas bayi; misalnya makan, minum, sering muntah, berat badan susah naik.

    Keberadaan lendir ada kalanya sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman/virus dari dalam tubuh bayi. Lendir  dikatakan normal jika ditandai dengan warna jernih dan tidak berbau. Pada bayi normal bunyi nafas grok grok karena adanya lendir di saluran pernapasan akan terus terdengar hingga bayi berusia 6 bulan dan akan hilang di rentang usia 6 bulan atau satu tahun.

    Terkadang lendir ini akan disertai batuk yang merupakan refleks yang dilakukan tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, dan zat pengganggu lain seperti debu atau asap. Konsultasikan ke dokter jika batuk berdahak pada bayi tidak membaik setelah lima hari, batuk semakin memburuk, susah bernapas, atau disertai demam 38 derajat Celcius untuk bayi di bawah tiga bulan, dan 39 derajat Celcius untuk bayi di bawah 6 bulan.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu. Kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.