Tanggal tepat masa subur

  • Dari
    Pertanyaan
  • #395

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

    #687

    Selamat siang Bunda. Terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com  
    Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual maka kemungkinan akan terjadi kehamilan. Sebelum menggunakan metode kalender, terlebih dahulu harus menghitung siklus menstruasi. Tujuannya agar mengetahui apakah siklus menstruasinya Bunda teratur atau tidak. Bunda bisa membaca artikel cara menghitung masa subur pada siklurs menstruasi tidak teratur.
    Normalnya siklus menstruasi adalah selama 21-35 hari. Diperlukan pencatatan selama minimal 6-8 bulan untuk menilai rentang siklus menstruasi setiap bulannya pada siklus menstruasi yang tidak teratur. Data tanggal menstruasi yang Bunda berikan sebenarnya belum mencukupi karena baru mencakup 3 siklus menstruasi. Namun demikian kami akan memberikan penjelasan mengenai cara menghitung masa subur, agar Bunda mendapatkan gambaran mengenai cara perhitungan yang benar. Selanjutnya silakan lakukan pencatatan selama 6-8 bulan untuk mendapatkan rentang siklus menstruasi yang lebih detail. Berdasarkan keterangan yang Bunda berikan, hari pertama menstruasi Bunda adalah tanggal tanggal 15 desember 2017, tanggal 8 januari 2018, 3 februari 2018 dan 1 maret 2018. Cara menghitung siklus menstruasi yang tidak teratur yaitu dengan mengurangi 18 pada siklus menstruasi yang terpendek. Sedangkan, pada siklus menstruasi terpanjang dikurangi 11.
    Berdasarkan keterangan yang Bunda berikan Maka siklus menstruasi pada ketiga bulan tersebut adalah 25 hari, 26 hari dan 30 hari (dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya). Bila diambil data selama 3 bulan ini saja, maka dianggap rentang siklus menstruasi Anda adalah 25-30 hari dengan rumus 25-18=7 dan 30-11=19
    Maka masa subur akan terjadi pada hari ke 7-19 dihitung dari hari pertama menstruasi, yaitu pada tanggal 15 desember 2017 sampai 1 maret 2018.
    Selain dengan metode kalender seperti perhitungan di atas, masa subur dapat pula diprediksi dengan metode lain seperti:

    1. Menggunakan kalkulator masa subur
    2. Metode lendir serviks yaitu pada saat masa subur diproduksi lendir serviks atau cairan vagina yang berwarna bening, licin, elastis, dengan konsistensi menyerupai putih telur mentah. Adanya lendir serviks ini dapat menjadi penanda bahwa Anda sedang berada dalam masa subur.
    3. Metode suhu basal, yaitu dengan pengukuran suhu basal tubuh setiap hari. Suhu basal tubuh diukur pada pagi hari saat baru bangun tidur dan belum beranjak dari tempat tidur, di mana nilai normalnya adalah 35,-36,6 derajat Celsius. Pada saat ovulasi terjadi kenaikan suhu basal sekitar 0,3 derajat Celsius.
    4. Menggunakan alat prediksi masa subur yang dijual bebas di apotek.
    Menggunakan testpack kesuburan merupakan salah satu cara untuk mengetahui masa kesuburan. Jika anda menggunakan tes urine lalu muncul dua garis merah itu merupakan tanda positif masa ovulasi (masa subur). Jika Bunda berencana dalam program kehamilan sebaiknya Bunda melakukan hubungan seksual dalam 24-48 jam ke depan.
    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    #709

    Hallow bun sy mw tnyak nich,sy haid tgl 17-23 maret 2018,24 maret sy merid d bulan april sy telat,bulan may tgl 19 sy haid,gimana bun liat msa sbur sy & wkt yg tpat HB,soalny sy pngen cpet dpt momongan..

You must be logged in to reply to this topic.