Fase Perkembangan Janin Dari 1 Sampai 9 Bulan Lengkap

Proses tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan tak jarang banyak ibu hamil ingin mengetahuinya untuk memastikan keadaan janin dalam kandungannya tetap baik-baik saja. Untuk mereka yang memiliki lebih uang, pastinya setiap bulan bisa untuk melakukan pemeriksaan USG agar dapat melihat bentuk dan perkembangan janin tersebut. Tapi, ibu hamil harus tahu ternyata banyak efek samping jika sering melakukan USG saat hamil, pada umumnya untuk mengetahui jenis kelamin janin tanpa USG dapat dilakukan dengan membayangkan sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan.

Berikut ini penjelasan fase perkembangan janin dari 1 sampai 9 bulan lengkap dengan gambar secara detail agar mudah untuk anda bayangkan.

Satu Bulan Perkembangan Janin. Mulai terbentuknya kantung kehamilan berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban dan mulai terbentuknya placenta berfungsi untuk menyalurkan nutrisi makanan dari tubuh ibu ke janinya. Dan juga sudah mulai terjadi aliran darah dalam tubuh janin sehingga pada kehamilan bulan pertama, para ibu hamil sebaiknya disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil.

Dua Bulan Perkembangan Janin. Wajah bayi sudah mulai terbentuk dan berkembang. Telinga sudah mulai terlihat sebagai lipatan pada kepala bagian kanan dan kiri. Mulai tampak juga bakal tangan, kaki, dan jari-jari mungilnya. Selain itu, mulai terbentuk juga sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan.

Tiga Bulan Perkembangan Janin. Fase bagian tubuh janin mulai terbentuk sempurna. Mulai tumbuh kuku dan tangan akan mulai bisa mengepal. Tapi belum terlihat sempurna, jenis kelamin janin diusia 3 bulan ini sehingga jika melakukan pemeriksaan USG kurang tepat diusia 3 bulan kehamilan jika tujuannya hanya untuk mengetahui jenis kelamin janin. Perlu diketahui bahwa sistem kemih dan organ reproduksi mulai terbentuk, sedangkan hati mulai memproduksi empedu.

Empat Bulan Perkembangan Janin. Semakin lengkap menunjukan bagian-bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, jari dapat dilihat dengan jelas. Sangat tepat untuk melakukan USG diusia 4 bulan kehamilan, anda dapat mulai mendengar detak jantung janin akan semakin aktif dan sering bergerak seperti mengisap jarinya, menguap dan mengubah ekspresi wajah dengan menggunakan bantuan alat khusus .

Lima Bulan Perkembangan Janin. Untuk melatih ototnya gerakan janin akan semakin terasa kencang dan kepala janin sudah mulai tumbuh rambut halus, termasuk juga tangan dan kaki. Kulit janin mulai menutupi lapisan putih seluruhnya yang berfungsi untuk mencegah janin terkena secara langsung cairan ketuban saat persalinan nanti.

Enam Bulan Perkembangan Janin. Mulai terbentuk keriput pada kulit janin. Pada bulan ini juga janin sudah dapat membuka dan menutup kelopak mata dan sudah bisa mendengar suara-suara dari luar perut. Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan untuk mengajak bicara atau berkomunikasi dengan janin yang berfungsi untuk merangsang kecerdasan janin sejak dalam kandungan.

Tujuh Bulan Perkembangan Janin. Mulai sudah bisa merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut dan juga sudah bisa merasakan adanya cahaya. Pertumbuhan janin akan semakin berkembang, tubuhnya semakin besar sehingga ibu hamil dapat merasakan ketika janin berganti posisi dan juga tubuh janin sudah mulai menyimpan lemak.

Delapan Bulan Perkembangan Janin. Semakin banyak cadangan lemak dalam kulit janin sehingga kulit janin tidak lagi terlihat keriput. Sudah mulai berfungsi juga pendengaran dan penglihatan janin dengan baik dan dengan sistem tubuh lainnya juga sudah dapat berfungsi kecuali paru-paru. Semakin sempurna otak janin sehingga akan sering menendang.

Sembilan Bulan Perkembangan Janin. Perkembangan paru-paru sudah dapat berfungsi dengan baik sehingga tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada dibawah untuk menghadap jalannya lahir. Sehingga dibulan ini, ibu hamil harus siapkan mental dan fisik untuk menghadapi persalinan yang semakin dekat.

Itulah fase perkembangan janin dari 1 sampai 9 bulan lengkap dengan gambar yang dapat curhat bidan jelaskan. Tidak semuanya fase perkembangan janin sama seperti yang sudah dijelaskan diatas karena mengingat janin memiliki proses petumbuhan yang berbeda. Jika anda ingin mengetahui perkembangan janin yang anda rasakan tiap bulannya anda bisa langsung tanya bidan sehingga bisa memberikan informasi yang lebih efektif.

Diskusi Dari: Linda Karina
Linda Karina

Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

Dijawab Oleh : Linda Karina
Diskusi Dari: Peni Nuryulia
Peni Nuryulia

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Dijawab Oleh : Peni Nuryulia
Diskusi Dari: Adhitya Abram
Adhitya Abram

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Adhitya Abram
Diskusi Dari: Vita Ratnasari
Vita Ratnasari

Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

Dijawab Oleh : Vita Ratnasari
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Siang Ibu Bidan. Saat ini saya sedang mengandung besar dan sedang menuju proses persalinan. Saya mau bertanya bagai mana cara membuat persalinan agar rebih rileks agar persalinan berjalan normal?

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan