Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

Tahukah anda ternyata ada beberapa keuntungan hamil diusia 20.an bagi seorang wanita dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk kehamilan. Karena, secara biologis, usia ini merupakan puncak kesuburan dan kondisi tubuh seseorang sedang prima sehingga akan lebih minim resiko.

Mengenai kesuburan dilihat dari sisi biologis, diusia 20.an memang merupakan masa paling baik untuk mengandung dan melahirkan bayi. Menurut seorang dokter konsultan fertilitias reproduksi, Judit Albert, sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara wanita diawal dengan akhir usia 20.an. Semuanya mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi dan rata-rata puncak kesuburan wanita biasanya berada diusia 24 tahun.

Apabila anda hamil diusia 20.an, maka memiliki resiko yang lebih kecil akan lahirnya bayi dengan kelainan genetik. Dengan seiring bertambahnya usia anda, ovarium juga akan ikut menua, demikian juga dengan sel telur yang akan semakin menurun kualitasnya. Jika dibandingkan seorang wanita muda yang mempunyai lebih sedikit resiko akan kelainan genetik yang bisa diakibatkan seperti down syndrome. Resiko keguguran jika hamil pada wanita usia 20.an akan lebih rendah dibandingkan dengan wanita berusia lebih tua, yaitu sekitar 10 % bagi wanita berusia 20.an, 20 % bagi wanita pertengahan hingga akhir 30.an dan sekitar 35 % bagi wanita diawal 40.an.

Selain itu, keuntungan hamil diusia 20.an  adalah resiko untuk timbulnya masalah kandungan seperti fibroid dan endometriosis jauh lebih kecil yang keduanya dapat berkembang dan menjadi suatu masalah serius jika tidak segera ditangani. Kemudian juga akan lebih kecil resiko terjadinya komplikasi kesehatan misalnya hipertensi dan diabetes serta peluang untuk melahirkan bayi prematur ataupun melahirkan bayi yang memiliki berat badan rendah juga akan lebih minim dibandingkan ibu hamil usia 35.an. Dan bahkan setelah melahirkan, seorang ibu akan  jauh lebih baik mempunyai daya tahan tubuh untuk menyusui saat malam hari dan beraktivitas seharian.

Tidak hanya memberikan efek yang positif pada seorang ibu dari segi fisik. Menurut Susan Heitler, seorang konsultan pernikahan dan keluarga, mengatakan bahwa saat berusia 20.an seorang wanita akan lebih mudah dalam beradaptasi, hal tersebut sangat bagus untuk pernikahan serta dalam masa transisi sebagai orang tua.

Untuk itu, bagi anda yang belum menikah atau sudah menikah tetapi belum merencanakan kehamilan sebaiknya segera direncanakan dengan baik terutama lakukan pemerikasaan ke bidan untuk mengetahui kesuburannya, agar berbagai keuntungan kehamilan diusia 20 tahunan ini bisa anda dapatkan dan agar dapat mulai membangun keluarga bahagia dengan kehadiran seorang anak secepat mungkin.

Baca juga artikel lainnya:

Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan Wanita

Penyebab Persalinan Prematur Yang Perlu Anda Ketahui

Diabetes Gestasional Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan

Kenali Jenis-jenis Hipertensi Pada Kehamilan Serta Bahayanya

Amankah Melakukan Pijatan Selama Masa Kehamilan?

Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

Dijawab Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
Diskusi Dari: Resti Yani As
Resti Yani As’syari

Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

Dijawab Oleh : Resti Yani As'syari
Diskusi Dari: Tania Firda A
Tania Firda A

Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

Dijawab Oleh : Tania Firda A
Diskusi Dari: Rahma Anjani
Rahma Anjani

Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

Dijawab Oleh : Rahma Anjani
Diskusi Dari: wahyu
wahyu

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya istri saya mengalami haid yang tidak lancar setelah melahirkan namun di awal nipas haid istri saya lancar-lancar saja. Dan setelah itu selama 3 bulan istri saya tidak haid juga mohon penjelasannya apakah ini normal?

Dijawab Oleh : wahyu