Inilah Penyebab Mengapa Tangan Anak Sering Berkeringat

Memperhatikan kondisi tubuh anak merupakan hal yang terpenting dari rangkaian perawatan kesehatan buah hati anda. Mulai dari memperhatikan masalah-masalah umum, seperti malas berbicara, malas belajar, hiperaktif, sulit makan, susah buang air besar, sering mengeluh sakit, terganggunya konsentrasi anak dalam belajar, autis hingga masalah yang sering kali di alami oleh anak seperti tangan yang berkeringat sekalipun harus selalu menjadi perhatian anda.

Meski keringat yang keluar secara berlebih dari tubuh tidak selamanya tanda adanya masalah kesehatan, namun jika anda mendapati tangan si kecil mengalami kondisi yang serupa andapun harus waspadai kondisi tersebut. Karena telapak tangan sering berkeringat pada anak juga kemungkinan menjadi suatu pertanda gejala awal dari suatu penyakit. Lalu, apa penyebab telapak tangan sering berkeringat pada anak?

Banyak orang yang berpendapat, bahwa tangan yang sering kali berkeringat merupakan pertanda adanya masalah kesehatan seperti jantung dan juga stres. Lantas, benarkan pernyataan tersebut? sebaiknya, anda cari dahulu informasi seputar penyebab telapak tangan sering berkeringat pada anak, sebelum anda mulai mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.  Jika berminat, anda dapat menyimak informasi peyebab mengapa tangan anak sering berkeringat disini, yang mana akan tim curhat bidan informasikan secara lengkap dan juga terpercaya.

Inilah penyebab mengapa tangan anak sering berkeringat:

1. Bagian dari proses metabolisme tubuh
Keringat sering kali mucul pada telapak tangan anak terlebih saat mereka tidur. Para orang tuapun sering mengeluhkan dan menghawatirkan akan kondisi tersebut. Namun anda tak perlu khawatir, kondisi tersebut di latar belakangi karena adanya kelenjar keringat pada daerah-daerah tersebut. Dan patut anda ketahui, sebenarnya banyak keluar keringat adalah pertnda baik. Karena dengan demikian sistem kelenjar keringat bekerja secar sempurna.

Keringat juga sering kali keluar pada saat tubuh anak memproses makanan yang di konsumsinya menjadi protein yang nantinya akan di gunakan sebagai penambah energi. Karena saat proses tersebut, tubuh memerlukan kalori yang sangat besar, sehingga terjadilah peningkatan suhu dalam tubuh yang kemudian di buang oleh keringat. Adanya proses ini juga menjadikan anak yang sedang terdiam sekalipun dapat menghasilkan keringat.

2. Adanya suatu indiskasi penyakit
Selain proses metabolisme tubuh, penyebab telapak kaki dan tangan anak sering kali berkeringat juga sering kali di indikasikan sebagai pertanda awal gejala penyakit serius seperti jantung. Akan tetapi pertanyaan itu, tidak sepenuhnya benar. Dan yang menjadi pertanyaan, seberapa banyak keringat yag keluar yang masih bisa di toleransi?

Keringat yang keluar dianggap normal, jika mereka tidak terganggu dengan keringatnya sendiri. Dan jumlah keringat anak masih di katakan wajar apabila apabila perkembangan anak termasuk selera makan yang masih baik, pola tidur yang cukup serta pertumbuhan mental dan fisik anak masih baik. Akan tetapi, keringat berlebih pada anak pun sering kali harus di waspadai apabila di sertai dengan beberapa gejala seperti anak rewel, susah tidur,  serta nafsu makannya yang berkurang. Karena beberapa kondisi tersebut dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada tubuh anak yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Adapun beberapa gangguan kesehatan tersebut seperti:

  • Gizi yang kurang. Anak-anak dengan asupan gizi yang kurang dari asupan normal, umumnya sering kali mengeluarkan keringat secara berlebih. Hal ini di sebabkan akibat kurangnya asupan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh.
  • Alergi. Anak yang memiliki riwayat alergi juga umumnya sering kali memiliki jumlah secara berlebih. Hal tersebut di karenakan anak yang memiliki riwayat sangat hipersensitif dengan cuaca atau kondisi yang panas.
  • Hiperhidrosis. Adalah salah satu gejala awal terhadap kondisi khusus dalam tubuh. Yang pada umumnya kondisi tersebut sering kali memicu keringat secara berlebih. Pada umunya, hiperhidrosis sering kali si sebabkan oleh penyakit sistem endokrin seperti diabetes melitus, kanker serta kelainan pada kelenjar getah bening.

Nah, sekarang anda telah mengatahui penyebab mengapa tangan anak sering berkeringat, sehingga memudahkan anda untuk mencari solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Jika kondisi tangan yang sering berkeringat pada anak di sebabkan adanya indikasi suatu penyakit, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat, sehingga kondisi kesehatan anakpun tidak semakin memburuk.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Cheriesa Maradeka Kusuma
Cheriesa Maradeka Kusuma

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
Diskusi Dari: sadeta
sadeta

selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : sadeta
Diskusi Dari: ririz anindya
ririz anindya

selamat pagi bu, saya mau tanya
2 hari yang lalu saya HB pertama dg suami, besoknya langsung demam. dan hari berikutnya pagi ketika BAB kok rahim rasanya ditekan jd susah untuk mengejan. beberapa saat stlh itu vagina sy keluar darah segar & gumpalan seperti keputihan tapi berwarna merah darah. darah segar mengalir terus walaupun tdk deras, tp sy tdk merasakan apa” bu. besoknya selama 4 hari perut saya ttp merasa sakit dan susah gerak. tambah lagi PD sy sakit & sakit gigi juga. ada yg bilang itu bawaan bayi ya.
stlh seminggu TP hasilnya negatif.
apa itu berarti keguguran ya bu?
mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : ririz anindya
Diskusi Dari: Aini
Aini

Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : Aini
Diskusi Dari: Rahma Anjani
Rahma Anjani

Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

Dijawab Oleh : Rahma Anjani