Ketahui 9 Manfaat ASI Untuk Bayi Baru Lahir

CurhatBidan – ASI merupakan makanan utama bayi baru lahir. ASI sebaiknya  diberikan secara eksklusif pada bayi baru lahir sampai bayi berusia 6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI. Selama periode 6 bulan pertama bayi, bayi hanya akan mengkonsumsi ASI sebagai makanan utamanya. ASI yang diproduksi secara alami oleh Bunda mengandung nutrisi yang sangat lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bayi, dan mudah dicerna oleh bayi yang organ pencernaannya belum sempurna. Untu itu sangat baik bagi pertumbuhan bayi jika Bunda memberikan ASI eksklusif pada bayi sejak lahir sampai berusia 6 bulan, sebelum Bunda mengenalkan makanan padat atau minuman lain sebagai makanan pendamping ASI.

Pengertian ASI eksklusif itu sendiri yaitu ASI yang diberikan pada bayi tanpa ada makanan / minuman lain sebagai pendamping, termasuk susu formula, madu, buah-buahan, bubur dll. Bunda tidak perlu khawatir nutrisi bayi tidak akan terpenuhi jika hanya memberi ASI. ASI telah mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Adapun beberapa manfaat ASI  yang dapat Bunda berikan untuk bayi , yaitu sebagai berikut :

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
    Pada awal pemberian ASI, ASI mengandung kolostrum yang merupakan zat antibodi alami untuk bayi. Kolostrum ini berwarna kekuning kuningan yang umumnya keluar pada awal menyusui. Kolostrum memiliki banyak manfaat bagi bayi baru lahir, salah satunya yaitu untuk menjaga kekebalan tubuh bayi, kolostrum sering disebut imunisasi alami untuk bayi baru lahir. Antibodi dari Bunda ini dapat membantu bayi melawan berbagai penyakit, termasuk gejala asma dan alergi.
  2. Mencerdaskan Otak Bayi
    JIka saat mengandung Bunda dapat memenuhi nutrisi untuk kecerdasan bayi dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk otak janin dalam kandungan, setelah melahirkan Bunda dapat memenuhinya dengan memberikan ASI pada bayi. Menurut penelitian, ASI memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Asam lemak yang terkandung dalam ASI sangatlah baik untuk kecerdasan otak bayi.
  3. Membuat Berat Badan Bayi Menjadi Normal
    ASI mengandung banyak lemak dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk membangun jaringan tubuhnya dan membuat berat badan bayi naik secara normal setelah melahirkan. ASI mengandung nutrisi yang seimbang yang tidak melebihi kebutuhan makan bayi, sehingga dengan meminum ASI tidak akan mengalami obesitas dan akan memperoleh berat badang yang ideal.

  4. Makanan yang Steril
    ASI merupakan makanan yang steril, sehat dan mudah didapatkan oleh bayi. ASI juga aman dari kuman, bakteri/kotoran yang dapat membahayakan kesehatan bayi. ASI juga memiliki suhu yang tepat sehinga Bunda tidak perlu khawair memberikan makanan yang terlalu panas atau dingin pada bayi.
  5. Sesuai Dengan Sistem Pencernaan Bayi
    Pencernaan bayi baru lahir masih belum sempurna, hal ini membuat makanan atau minuman lebih sulit untuk diterima oleh sistem pencernaannya, sehingga mudah membuat bayi diare. ASI memiliki kandungan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pencernaan bayi. Untuk itu, Bunda tidak perlu khawatir lagi menambahkan makanan atau minuman sampingan selain ASI pada saat bayi berusia kurang dari 6 bulan.
  6. Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang
    Bayi yang diberi ASI sejak baru lahir akan memiliki pertumbuhan tulang yang lebih baik dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI / hanya mengkonsumsi susu fomula. Menurut penelitian, bayi yang diberikan ASI eksklusif memiliki pertumbuhan tulang yang lebih sehat dan kuat dibandingkan bayi yang diberi ASI sesekali atau tidak sama sekali.
  7. Sumber Kolesterol Bayi
    Kolesterol merupakan zat yang tidak sehat dan berbahaya bagi orang dewasa, Akan tetapi, tidak begitu dengan bayi. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, bayi membutuhkan asupan kolesterol yang cukup banyak. ASI mengandung banyak kolesterol untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam perkembangan tubuhnya.
  8. Menurunkan Resiko Kematian Bayi
    ASI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiko kematian bayi. Menurut penelitian, bayi baru lahir yang tidak diberi ASI melainkan diberi susu formula, cenderung resiko 6 kali lebih besar untuk meninggal akibat menderita diare atau infeksi saluran pernapasan dibandingkan bayi yang diberi ASI sejak baru dilahirkan. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya mengetahui cara merawat bayi baru lahir untuk menjaga kesehatan bayi, yaitu salah satunya memberi ASI kepada bayi.
  9. Hubungan Emosional Dengan Ibu
    Pemberian ASI pada bayi baru lahir mempererat  emosi bayi dengan ibunya. Saat memberi ASI, ibu akan memeluknya, membelai bayi dengan lembut dan di saat yang sama bayi merasa didekap dan aman. Dengan begitu, hubungan kasih sayang antara ibu dan anak bisa menguat.

Demkian 9 Manfaat ASI Untuk Bayi Baru Lahir. Kini Bunda tahu apa saja manfaat baik yang bisa diberikan ASI pada bayi Bunda. Untuk itu, pastikan Bunda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Bunda dan memberikan ASI sejak lahir.

Diskusi Dari: Harniia Alfawija
Harniia Alfawija

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Harniia Alfawija
Diskusi Dari: Viani
Viani

apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

Dijawab Oleh : Viani
Diskusi Dari: Luna
Luna

Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Luna
Diskusi Dari: hidayat
hidayat

selamat pagi,

saya hidayat,
istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

karena saya saat ini sedang keluar kota
dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

mohon jawabannya Ibu Bidan

salam,
hidayat

Dijawab Oleh : hidayat
Diskusi Dari: bumil
bumil

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh : bumil