Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil

Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat HamilBidan Online,- USG atau Ultra Sono Graphy memang sudah tidak asing lagi di dunia kedokteran bahkan sangat erat kaitannya dengan kehamilan. Meskipun hakikatnya USG di gunakan untuk mengetahui kondisi di dalam tubuh namun USG sangat akrab dengan kehamilan. Ya mungkin setiap ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan USG. Pada saat para ibu hamil mengecek kehamilannya pastinya setiap dokter menggunakan USG untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Tidak hanya itu USG juga di gunakan untuk melihat perkembangan janin, pergerakan janin, usia janin, hingga jenis kelamin janin. Disamping itu penggunaan USG saat hamil juga memiliki fungsi untuk melihat kondisi adanya kelainan pada janin.

Banyak mitos yang menyebutkan jika USG memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Perlu anda tahu USG berbeda dengan rotgen ataupun CT Scan yang yang memiliki daya radiasi, USG hanya menggunakan teknik ultrasonik. Bahkan hal tersebut di perkuat dengan adanya sebuah study yang menyebutkan jika USG tidak membawaefek buruk bagi janin dan ibu hamil. Pada dasarnya USG dapat ibu hamil lakukan sejak usia kehamilan dini untuk meminimalisir kemungkinan jika terdapat kelainan pada janin.

Penggunaan USG juga tidak hanya dapat mengetahui ukuran hingga jenis kelamin janin. Lebih dari itu USG juga dapat di gunakan untuk mengetahui kondisi mental janin contohnya autistik ataupun sindroma down. Tidak hanya kondisi janin saja, kehamilan bermasalah pun dapat di lihat dengan pemeriksaan USG. Memang penggunaan USG terbilang aman bagi janin dan ibu hamil, namun banyak juga ibu hamil yang belum mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan USG. Dan berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk melakukan USG saat hamil.

Awal kehamilan
Saat awal kehamilan menjadai waktu yang sangat tepat untuk melakukan pemeriksaan menggunakan USG. Pemeriksaan USG di awal kehamilan bertujuan untuk mengetahui sejak dini jika misalnya terdapat kelainan. Fungsi USG saat awal kehamilan untuk mengetahui jumlah janin dalam kandungan, lokasi janin, kondisi kedua indung teelur, juga kondisi organ kelamin janin. Tentunya dengan pemeriksaan menggunakan USG sejak usia dini kehamilan sangat bagus untuk mengetahui usia kehamilan secara akurat.

Usia 11-14 minggu kehamilan
Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG pun akan di lakukan pada saat ibu hamil menginjak usia kehamilan antara 11-14 minggu. Pada waktu tersebut biasanya pemeriksaan menggunakan USg bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin. Kondisi mental janin kemungkinan jika adanya kelainan seperti down syndrom atau autistik dlapat di periksa dengan menggunakan USG. Adapun fungsi lainnya yaitu untuk mengetahui jika ada kelainan pada otak, perut, juga kelainan pada kepala. Tentunya dengan pemeriksaan USG di usia 11-14 bulan kehamilan berbagai kelainan pada janin dapat di deteksi sejak dini.

Usia 18-23 minggu kehamilan
Pemeriksaan kehamilan menggunakan USG di usia kehamilan 18-23 minggu dikatakan sangat penting. Pemeriksaan tersebut berfungsi untuk mengetahui gambaran kondisi tali pusat, jumlah air ketuban, hingga posisi janin. Disamping itu pemeriksaan ini dapat berfungsi untuk mengetahui jika adanya kemungkinan kelainan cacat bawaan. Kondisi janin pun dapat di lihat dari pemeriksaan USg tahap ini mulai dari lingkar kepala janin, berat badan, usia bayi, hingga panjang lengan dan paha.

Usia 33-34 minggu kehamilan
Pemeriksaan USG di usia kehamilan 33-34 minggu merupakan pemeriksaan terakhit yang bertujuan untuk mengetahui lokasi ari-ari, pertumbuhan janis. lilitan tali pusar., jalan lahir bayi, juga jumlah air ketuban. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu dalam proses menjelang kelahiran.

Tentunya dengan mengetahui beberapa waktu yang tepat untuk melakukan USG saat hamil akan sangat membantu para ibu hamil dalam mengetahui kondis dan perkembangan janin. Meskipun beberapa waktu tersebut sangat tepat untuk melakukan USG, para ibu hamil juga dapat melakukan pemeriksaan menggunakan USG dalam kondisi mendesak contohnya saat detak jantung janin tidak teratur.

Baca juga artikel lainnya:

6 Tips Travelling Yang tepat Untuk Ibu Hamil Muda
5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil cepat Lelah
Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Bersih
Bahaya Minuman Bersoda Untuk Ibu Hamil

Diskusi Dari: Dwickadeck Doen
Dwickadeck Doen

selamat siang,
saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
mohon di bantu infonya,,
terima kasih

Dijawab Oleh : Dwickadeck Doen
Diskusi Dari: Rani Anggraeni
Rani Anggraeni

siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

Dijawab Oleh : Rani Anggraeni
Diskusi Dari: Anis Agustine
Anis Agustine

selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

Dijawab Oleh : Anis Agustine
Diskusi Dari: Kamilia Ulfa
Kamilia Ulfa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

Dijawab Oleh : Kamilia Ulfa
Diskusi Dari: Adhitya Abram
Adhitya Abram

maaf sebelumnya. saya mau tanya.
istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
terimakasih

Dijawab Oleh : Adhitya Abram