Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

Tanya bidan,- Permainan atau mainan yang sesuai dengan usia anak dapat memupuk dan melatih kemampuan gerak, intelektual dan sosialnya. Selain itu, jenis mainan yang tepat juga dapat membantu buah hati Anda dalam mengembangkan kemampuan mengekspresikan diri, koordinasi antara otak, mata, gerak anggota badan, melatih kretivitas dan daya imajinasinya.

Maka dari itu, pilihlah jenis mainan yang tepat dengan usia buah hati Anda. Selain mengingat tahap perkembangan anak, dalam memilih mainan juga penting sekali bagi orang tua untuk mementingkan keamanan mainan tersebut. Berikut dibawah ini daftar mainan anak yang cocok sesuai dengan tahapan usianya

Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

Usia 15-18 bulan
Di usia ini anak memiliki rasa keingintahuan yang besar dan selalu mencoba mempelajari hal baru setiap ada kesempatan. Berikan sekotak peralatan dapur yang aman untuk di acak-acak, atau buku warna bergambar binatang, krayon, kotak makanan, dan permainan teka-teki sederhana. Mainan yang mendorong kemampuan berjalan seperti mainan yang bisa didorong atau ditarik bagus juga diberikan pada mereka. Hati-hati dengan benda kecil seperti krayon dan koin, di usianya, mereka senang memasukan benda-benda kemulutnya.

Usia 2 tahun
Di usianya ini, anak sudah memiliki kemampuan berjalan yang lebih baik. Berikan mainan yang dapat ditendang atau dilempar seperti bola, mainan balok yang dapat disusun, krayon dan kertas untuk di corat coret. Sebagai alternatif, ayah bunda dapat pula memberikan mainan yang dilengkapi dengan lagu-lagu anak, mainan perkakas tukang, telefon, dan peralatan minum teh.

Usia 3 tahun
Di usia ini kontrol terhadap mata dan gerakan tangan sudah jauh membaik. Buku bergambar, mainan konstruksi, mainan lilin yang bisa dibentuk, menyusun puzzle, cat air, dan bermain pasir dapat mempertajam koordinasi gerak dan kreatifitas mereka.

Usia 3.5 hingga 4 tahun
Di usia ini koordinasi gerak tubuh, tangan, mata, dan kemampuan bersosialisasi mereka sudah jauh membaik. Si kecil sudah dapat mengendarai sepeda roda tiga, mobil-mobilan dan memanjat arena bermain. Daya imajinasinya yang sudah berkembang membuat si kecil senang berkhayal dan berperan sebagai orang dewasa.

Nah, jadi itulah beberapa mainan anak yang sesuai dengan tahapan usianya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para orang tua.

| Mainan Anak yang Cocok Sesuai dengan Tahapan Usianya

Diskusi Dari: Harniia Alfawija
Harniia Alfawija

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Harniia Alfawija
Diskusi Dari: Mulyati Yayu
Mulyati Yayu

Sore bu, saya mau nanya nih.
Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

Dijawab Oleh : Mulyati Yayu
Diskusi Dari: Saddam Husein
Saddam Husein

Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

Dijawab Oleh : Saddam Husein
Diskusi Dari: mey arista
mey arista

siang ibu bidan, saya mey dan baru pertama kali ini hamil. tapi setau saya, bukannya ibu hamil tanda-tanda kehamilannya harus mual dan muntah? tapi kok saya ngga begitu ya? apakah ada yang salah? saya ingin bertanya dulu disini sebelum ke bidan 😀 ditunggu jawabannya ya bu, terima kasih

Dijawab Oleh : mey arista
Diskusi Dari: Ayu Aulia Rahmawati
Ayu Aulia Rahmawati

Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : Ayu Aulia Rahmawati