Makanan Si Kecil Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuhnya

Beberapa anak sering kali terkena penyakit dengan sangat mudahnya, salah satu faktor mengapa anak sering kali sakit adalah karena sistem imun atau sistem kekebalan tubuhnya yang lemah sehingga bakteri atau virus penyakit dengan mudah bisa menyerang anak, karena tidak adanya perlindungan yang kuat pada tubuh.

Sistem kekebalan atau sistem imun sendiri adalah sistem pertahanan yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit atau kuman. Jadi Semakin kuat sistem kekebalan tubuh pada anak maka semakin kecil pula kemungkinan anak terserang penyakit.

Berikut adalah beberapa penyakit yang muncul karena lemahnya sistem imun atau sistem kekebalan tubuh:
Influenza
Sinusitis
Demam Berdarah
Vertigo
Maag
TBC
Infeksi
Malaria
Hepatitis
Kanker, Tumor
dan sebagainya.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak Anda ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya.
Mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan cara yang paling sederhana namun paling efektif untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Tipsnya carilah makanan yang kaya akan warna adalah ciri pasti bahwa makanan tersebut mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut beberapa Makanan Si Kecil Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuhnya;

Baging rendah lemak
selain baik untuk pertumbuhan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Daging rendah lemak ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak, daging seperti daging sapi, ikan, dan ayam tanpa lemak tersebut banyak mengandung unsur zinc (seng) yang sangat dibutuhkan sel darah putih untuk melawan sumber penyakit dari luar.

Yogurt
Minuman olahan susu ini mengandung bakteri baik yang dikenal dengan probiotik. Mengonsumsi yogurt secara teratur dapat meningkatkan efektifitas pencernaan dan membantu memerangi bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Anak-anak yang terbiasa mengonsumsi minuman ini terbukti lebih tahan terhadap serangan penyakit seperti flu, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernafasan.

Telur
Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dan B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Satu telur besar mengandung nutrisi yang membantu mendukung sistem imun tubuh. Telur juga mengatur hormon tiroid pada tubuh, telur sangat dibutuhkan oleh anak-anak, hal ini karena bisa menjaga anak dari terserang keshan disease dan kashin beck disease. Dua kondisi yang dapat mempengaruhi hati, tulang dan sendi.

Sayuran Hijau
sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin B1, A, dan C. Sayuran ini juga kaya akan zink. Bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan ada baiknya dalam setiap makanan yang diberikan pada anak mengandung sayuran hijau tersebut.

Buah-buahan
Kandungan zat fitonutrien dalam buah-buahan dipercaya bisa menagkal sumber penyakit termasuk radikal bebas pada anak. Pakar kesehatan menganjurkan agar anak-anak mengkonsumsi buah setiap harinya agar tetap sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam beberapa jenis buah seperti pada jeruk, Lemon, Apel,Alpukat, Beri, Kiwi, dan lainnya, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak.

Walnut
Kacang walnut diketahui kaya dengan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan. Para peneliti percaya bahwa kandungan Omega-3 dalam walnut mampu meningkatkan imunitas anak terhadap serangan penyakit.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa para bunda berikan untuk buah hatinya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda, agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi di waktu cuaca yang berubah-ubah ini banyak sekali penyakit yang dapat menyerang anak-anak. Tingkatkan Sistem kekebalan tubuh buah hati Anda, makan buah hati Anda pun akan sulit terserang penyakit.

Diskusi Dari: Dini
Dini

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

Dijawab Oleh : Dini
Diskusi Dari: Ranti
Ranti

selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

Dijawab Oleh : Ranti
Diskusi Dari: rona
rona

halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

terima kasih

Dijawab Oleh : rona
Diskusi Dari: Riza
Riza

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. [email protected]

Dijawab Oleh : Riza
Diskusi Dari: Taufik
Taufik

ibu bidan, anak saya laki-laki usia 5 tahun masih suka minum susu pake botol, juga masih suka ngompol di tempat tidur, bagaimana solusinya ya?

Dijawab Oleh : Taufik