Mengenal Penyakit Ruam Kulit Pada Anak

Melihat anak tumbuh kembang dengan baik dan terhindar dari penyakit adalah harapan semua orang tua, ada begitu banyak penyakit yang dapat menyerang sistem pernafasan, pencernaan dan kulit anak. Salah satu penyakit yang menyerang kulit anak-anak adalah ruam kulit. Kulit merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting. Tanpa kulit, maka otot, tulang dan organ-organ tubuh lainnya tidak bisa berhubungan satu sama lain. Kulit juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh dan membantu kita merasakan sentuhan. Karena begitu pentingnya fungsi kulit, maka sudah menjadi tugas kita untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kulit anak. 

Ruam kulit merupakan suatu reaksi yang terjadi pada kulit dan menyebabkan perubahan warna atau tekstur kulit. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam.

Penyebab ruam kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya iritasi, reaksi dari obat, infeksi ataupun alergi. Beberapa jenis ruam yang muncul dibagian kulit dapat menunjukan adanya masalah serius, bahkan dalam beberapa kasus kondisi ini akan dapat mengancam jiwa anak. Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk menegtahui jenis ruam apa saja yang bisa menyerang kulit.

  • Ruam Popok

Ruam di Kulit Anak yang pertama adalah Ruam popok atau diaper rush biasa terjadi pada bayi,

Yaitu kulit pantat dan selangkangan merah-merah.

  • Biang Keringat

Yaitu sumbatan saluran kelenjar keringat miliara karena aktifitas bakteri kulit. Biasanya, ada bintik-bintik merah dan terasa gatal.

Biang keringat sering terjadi di daerah yang berudara panas.

  • Eksim

Eksim adalah salah satu istilah yang umum menggambarkan kondisi kulit yang meradang, kering, gatal dan timbul kemerahan. Kondisi penyakit eksim ini adalah penyakit jangka panjang dan gejalanya cenderung muncul kembali, kemudian menghilang. Kondisi ini biasa disebut dengan dermatitis.

  • Granuloma Annulare

Granuloma annulare atau granuloma anular adalah sebuah kondisi gangguan kulit kronis yang terdiri dari timbulnya ruam melingkar yang berbentuk benjolan kemerahan (papula).Daerah tubuh yang biasa diserang adalah bagian tangan, kaki, siku dan juga bagian lutut.

  • Biduran

Biduran/urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit berupa ruam kemerahan dan gatal. Ukurannya bervariasi. Biduran dapat terjadi di semua kulit tubuh baik anak kecil maupun dewasa, sering tejadi pada bagian bibir, tangan dan kelopak mata. Bisa terjadi karena alergi makanan. minuman, hawa dingin dan kontak dengan sesuatu hal yang menyebabkan alergi.

  • Ruam Susu

Ruam susu/milk eczema sering kita jumpai pada bayi.  Tanda-tandanya adalah disekitar pipi bayi terdapat ruam putih seperti panu dan terasa gatal.

Itulah informasi menganai penyakit ruam pada anak-anak, untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan kulit anak. Mengingat ada begitu banyak penyakit yang bisa menyerang kulit anak. Semoga bermanfaat

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Alesha Zahra
Alesha Zahra

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Alesha Zahra
Diskusi Dari: Rara
Rara

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh : Rara
Diskusi Dari: risna aprillia
risna aprillia

pagi dok, usia saya sekarang udah mau 20an, badan saya juga biasa-biasa dan sehat-sehat aja dok. Tapi mama saya selalu saja nyuruh untuk melakukan pemeriksaan tubuh lah, mata lah, apa lah, pokonya gitu dok. Emangnya meskipun kita sehat belum tentu tidak ada penyakit yah dok? dan tes apa saja yang harus saya lakukan di usia saya saat ini? Trimakasih dok, mohon dijawab yah…

Dijawab Oleh : risna aprillia
Diskusi Dari: Fani
Fani

Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

Dijawab Oleh : Fani
Diskusi Dari: Ayunda Laras
Ayunda Laras

Halo, siang bu bidan. Anak saya sekarang ini usianya 3 tahun. Lahir prematur dengan berat 1 kg. Sekarang berat badan 12 kg dan tingginya 82 cm, fisiknya terlihat normal. Dia juga aktif dan mengerti apa yang diucapkan orang lain tapi perkembangannya saya rasa cukup lambat bu, dia belum belum bisa berjalan hanya merangkak lalu belum bisa bicara dan sering sakit juga. Pengobatannya seperti apa ya bu bidan ? Terima kasih.

Dijawab Oleh : Ayunda Laras