Orang Tua Wajib Tau! Inilah Tanda Stres Pada Anak

Ketika kita merasa stres, apa yang akan kita lakukan? mungkin hangout? jalan-jalan? atau pergi berbelanja? mengurung diri? ngomel-ngomel? atau hanya duduk di pojokan sambil menangis?. Lalu bagaimana jika anak-anak yang mengalami stres tersebut? Sebab tahukah anda, bahwa anak-anak usia dini juga bisa mengalami stres layaknya kita orang dewasa?

Tapi tentu saja kadar stres pada anak-anak berbeda dari stres yang terjadi pada orang dewasa. Tapi jika stres pada anak dibiarkan, atau tanpa disadari oleh orang tua, bukan tidak mungkin anak-anak akan mengalami gangguan kesehatan yang serius. Sudah tahukah bunda apa saja yang menjadi Tanda anak mengalami stres? Pada kali ini Bidan Online Akan memberikan informasi mengenai Tanda-tanda stres pada anak. Apa saja tandanya simak selengkapnya…

Tanda-Tanda Saat Anak Merasa Stres


1. Menangis
Biasanya orang tua langsung terpancing emosi jika anak mulai rewel dan menangis tanpa alasan yang jelas. Untuk hal ini, sebaiknya orang tua bicara dengan lembut dan tanyakan perasaan anak saat itu. Karena bisa jadi ada sesuatu yang membuat anak merasa tidak nyaman, tapi anak sulit mengungkapkannya.

2. Tidak Patuh
Jika saat bunda merasa kesal karena anak sering mengabaikan kata-kata bunda, atau anak pura-pura tidak mendengar, bisa jadi ini karena anak merasa sama kesalnya dengan anda. Stres pada anak bisa terjadi karena anak merasa jenuh dengan banyak aturan, larangan atau tuntutan dari orang dewasa atau lingkungan sekitarnya. Karena berpikir tidak ada yang mengerti perasaannya, jadi anak memilih untuk bersikap cuek dan semaunya sendiri, dengan harapan agar orang tua mau bersikap sedikit lunak padanya.

3. Mendadak hiperaktif
Kadang stres pada anak usia dini diekspresikan dengan cara yang disebut orang tua “nakal”. Anak kecil yang mengalami stres cenderung suka berteriak marah, sengaja menimbulkan keributan atau kekacauan, bersikap agresif, tapi sangat sensitif. Banyak stres yang dialami anak dengan sikap hiperaktif itu karena kurangnya perhatian dalam keluarga, lingkungan sekolah, atau kejenuhan pada suasana dan orang-orang disekitarnya. Jadi anak akan sengaja membuat gaduh atau bersikap lebih nakal karena berharap bisa lebih diperhatikan.

4. Murung
Ada juga anak-anak yang terlihat seperti tenang, tidak bertingkah, tapi sebenarnya sedang mengalami stres. Orang tua bisa mengenali tandanya dari ekspresi wajah yang sering murung, berkurang selera makan, atau tidur anak tidak nyenyak, bahkan beberapa anak juga bisa mengalami mimpi buruk. Kebiasaan dan sikap anak-anak yang sedang stres pada umumnya berubah-ubah. Mereka akan cenderung lebih bergantung pada orang tua dan tidak mau melakukan aktivitas dengan orang lain, bahkan teman sebayanya.

5. Sakit

Para orang tua pasti selalu berpikir bahwa anak-anak sakit kepala hanya karena kehujanan. Sama seperti orang dewasa pada umumnya, ketika anak merasa tertekan, anak juga bisa mengalami sakit kepala, sakit perut, atau merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Nah bunda, itulah tanda-tanda anak mengalami stres. Setelah mengenal tanda-tanda stres pada anak usia dini, bunda bisa lebih memberikan perhatian lagi pada setiap perubahan sikap anak anda. Tidak ada gunanya sering memarahi anak. Karena akan lebih baik lagi jika bunda tetap berlaku lembut dan memberi rasa nyaman pada anak dengan selalu mengajak anak untuk berkomunikasi, bukan hanya memerintah, menggurui atau menasehati. Sehingga bunda akan lebih mengerti perasaan si kecil. Semoga Bermanfaat yah 🙂

Diskusi Dari: Fani
Fani

Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

Dijawab Oleh : Fani
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari: Amelia Putri
Amelia Putri

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Dijawab Oleh : Amelia Putri
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari: Riza
Riza

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. [email protected]

Dijawab Oleh : Riza