Pahami Tanda Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Menstruasi atau Haid tidak hanya menjadi siklus bulanan tubuh, tapi juga bisa mengindikasikan kesehatan tubuh anda. Langkah awal yang bisa dilakukan menurut spesialis kandungan dan kebidanan, Sara Twogood dengan mencari tau siklus haid yang normal menurut tubuh anda dan seperti apa ciri-cirinya.

Selain itu, anda juga bisa memperhatikan seberapa banyak pembalut yang anda butuhkan dan seberapa lama siklus menstruasi juga seberapa sering anda mengalami siklus tersebut. Pada kali ini situs Curhat Bidan akan membantu anda dalam Memahami Tanda Saat Menstruasi Dan Tindakan Yang Harus Dilakukan, seperti:



Saat Darah haid berwarna merah terang

Ketika darah haid yang anda alami berwarna merah terang, artinya siklus haid anda baru saja dimulai dan akan semakin banyak darah dalam beberapa hari kedepannya

Darah haid yang berwarna merah kecokelatan
Selanjutnya jika Darah berwarna merah kecokelatan berarti anda akan memasuki akhir siklus haid. Anda bisa menggunakan pembalut yang lebih ringan atau tipis.

Jika aliran darah menjadi sedikit
Penggunaan alat kontrasepsi hormonal bisa menjadi salah satu penyebab aliran darah yang menjadi sedikit. Tapi anda tidak usah khawatir jika penggunaan alat kontrasepsi ini yang menjadi penyebabnya, kecuali jika mengalami sakit kepala tanpa sebab atau mengalami perubahan mood, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Jika anda sedang tidak menggunakan alat kontrasepsi hormonal tapi darah menstruasi tiba-tiba menjadi sedikit, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi gangguan kesehatan lain seperti ketidakseimbangan tiroid. Karena menurut beberapa ahli, aliran darah yang berkurang merupakan hal yang biasa pada mereka yang mengalami gangguan makan dan akan kembali normal setelah gangguan tersebut diobati.

Aliran darah yang menjadi banyak
Penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan aliran darah haid menjadi banyak. Selain itu, polip atau fibroid dan pertumbuhan sel yang tidak normal tapi jinak pada lapisan rahim juga bisa menjadi penyebab lain dari aliran darah yang menjadi banyak. Pada umumnya polip akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk fibroid membutuhkan penanganan medis. Ketika berkonsultasi dengan dokter, jangan lupan untuk menjelaskan gejala yang dirasakan tersebut agar dilakukan pemeriksaan terkait anemia.

Muncul gumpalan darah

Anda tidak perlu khawatir selama gumpalan darah tersebut berukuran kecil. Tapi jika gumpalan darah cukup besar dan disertai dengan rasa kram, dianjurkan untuk segera berkonsultasi dan periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui apakah anda terserang polip atau fibroid. Penyebab yang lainnya bisa karena sindrom ovarium polikistik.

Muncul rasa kram yang berlebihan
Rasa kram yang berlebihan bisa disebabkan karena endometriosis (akibat jaringan yang seharusnya berada di dalam rahim, kini tumbuh diluar rahim) yang diikuti dengan aliran darah yang besar, rasa mual, dan sembelit. Dan anda tidak usah khawatir karena endometriosis ini bisa disembuhkan dengan berkonsultasi pada dokter.

Amenorrhoea

Amenorrhoea merupakan istilah medis dimana menstruasi terhenti sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi dengan alami atau diakibatkan oleh penyakit dan konsumsi obat tertentu. Dan faktor alami lain yang bisa menyebabkan masalah ini termasuk kehamilan, menyusui, menopause, beberapa penyakit yang menyerang indung telur juga bisa mengakibatkan Amenorrhoea. Jika semua penyebabnya sudah diatasi, menstruasi bisa kembali normal.

Itulah mungkin hal-hal yang terjadi saat menstruasi yang seringkali membuat para wanita menjadi panik karena hal tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat:)

Diskusi Dari: Resy Wilansari
Resy Wilansari

Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

Dijawab Oleh : Resy Wilansari
Diskusi Dari: Raisa
Raisa

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

Dijawab Oleh : Raisa
Diskusi Dari: Diana
Diana

Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Diana
Diskusi Dari: Ani Mulyani
Ani Mulyani

Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

Dijawab Oleh : Ani Mulyani
Diskusi Dari: Cheriesa Maradeka Kusuma
Cheriesa Maradeka Kusuma

Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
mohon penjelassannnya

Dijawab Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma