Perkuat Sistem Imunitas Anak Untuk Mengatasi DBD Dengan Jambu Biji

Penyakit demam berdarah dengue atau yang disingkat sebagai DBD adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia.

Gejal-gejala demam berdarah dengue 

  • Mengalami demam tinggi, umumnya mencapai 40°C.
  • Munculnya rasa sakit pada bagian belakang mata, sendi, otot, ataupun tulang.
  • Sakit kepala parah juga bisa menyertai gejala-gejala pada anak.
  • Mudah mengalami memar.
  • Munculnya ruam pada sebagian besar tubuh.
  • Pendarahan ringan melalui hidung atau pada gusi.

Di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia Demam berdarah dengue bisa berujung kepada kematian anak, karena itulah, melakukan pencegahan dengan memperkuat sistem imunitas anak adalah menjadi salah satu langkah tepat Bunda untuk meminimalkan anak-anak terserang penyakit demam berdarah.

Salah satu langkah untuk memperkuat sistem imunitas tubuh dan melindungi anak dari resiko demam berdarah adalah dengan mengkonsumsi cukup vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup pada tubuh dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak. Ada begitu banyak sumber makanan yang mengandung vitamin C yang bisa Bunda berikan pada anak seperti  Kubis, Paprika hijau, Brokoli, Ubi jalar, Lobak, Pepaya, Buah Leci, jeruk dan yang lainnya. Tapi dari sekian banyak sumber makanan tersebut buah jambu biji mengandung sumber vitamin C paling tinggi. Dan juga buah jambu biji merah dipercaya dapat mencegah penyakit DBD.

Vitamin C pada jambu biji mempunyai dua fungsi dalam tubuh yaitu sebagai ko-faktor dan ko-enzim. Selain itu, vitamin C sangat erat kaitannya dengan pembentuk kolagen dalam tubuh, pembentukan sintesis karnitin yang berfungsi untuk mengangkut asam lemak rantai panjang, peningkatan serapan dan metabolisme zat besi dan absorpsi kalsium, serta penguatan daya tahan tubuh terhadap infeksi dalam hal ini seperti infeksi virus dengue.

Bunda bisa memberikan anak buah jambu biji ini sebagai cemilan anak, bisa juga dibuat jus agar anak bisa lebih mudah mengkonsumsinya dan lebih menyukainya. Sebuah penilitian menunjukan saat jus jambu diberikan kepada penderita demam berdarah dengan dosis 500 cc  jus jambu biji dan sekali dalam 24 jam, menunjukkan penderita demam berdarah mengalami demam selama 2-3 hari dibanding yang biasanya mengalami demam selama 4-6 hari.

Jambu biji ini dapat menghambat pertumbuhan virus dengue serta mempercepat peningkatan trombosit darah.

Demam berdarah pada anak-anak memang cukup berbahaya tapi bunda tidak perlu panik. Perkuat sistem imunitas sebelum dan ketika anak sakit dan segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran penaganan Demam Berdarah yang Tepat.

Diskusi Dari: Dwickadeck Doen
Dwickadeck Doen

selamat siang,
saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
mohon di bantu infonya,,
terima kasih

Dijawab Oleh : Dwickadeck Doen
Diskusi Dari: Rizka Rahmawati
Rizka Rahmawati

Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih

Dijawab Oleh : Rizka Rahmawati
Diskusi Dari: chandri
chandri

Selamat sore buk,,
saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

Dijawab Oleh : chandri
Diskusi Dari: Dara Puji Lestari
Dara Puji Lestari

Selamat Pagi….
Dok saya mau bertanya, kan akhir akhir ini saya sering kali merasakan adanya masalah sakit pada bagian gigi ini, kemudian saya periksakan ke Dokter. Tapi setelah obatnya habis, ko tiba tiba kepala saya pusing ya? Terus tiba tiba seperti muncul memar gitu pada vbagian mata kiri saya, ini kira kira masalah kesehatan apa ya?

Dijawab Oleh : Dara Puji Lestari
Diskusi Dari: Calista Nanda Salsabila
Calista Nanda Salsabila

Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

Dijawab Oleh : Calista Nanda Salsabila