Tahap Perkembangan Penglihatan Bayi Baru Lahir Usia 0-6 Bulan

www.curhatbidan.com – Bayi baru lahir tidak bisa langsung melihat dengan jelas layaknya orang dewasa. Pada minggu-minggu pertama kehidupan bayi sama sekali tidak dapat melihat secara jelas serta belum bisa membedakan warna. Sangat diperlukan waktu untuk beberapa bulan supaya penglihatan bayi berkembang sehingga bayi dapat melihat.

Perkembangan panca indera penglihatan merupakan contoh yang luar biasa terhadap pengalaman manusia pada saat masih bayi. Dan apabila digabungkan dengan faktor genetic, maka akan menghasilan perkembangan otak. Saat bayi lahir, penglihatannya akan membantu pada perkembangan emosional, fisik dan mental. Perkembangan bayi akan berkembang dengan merespon pada cahaya, mengenal warna, mengenal bentuk, dan mengenal gerakan. Sehingga hal inilah yang menjadi salah satu bahwa penglihatan bayi sangat mempengaruhi pada perkembangan otak.

Lalu bagimana proses perkembangan penglihatan bayi baru lahir?

Bayi memang terlahir dengan penglihatan yang belum sempurna. Bayi perlu belajar untuk melihat dengan seiringnya pertumbuhan usia. Pada mata yang sehat dan normal diperlukan supaya bayi bisa belajar untuk menggunakan mata mereka didalam kehidupan sehari-hari ketika mereka tumbuh besar. Adanya gangguan penglihatan pada bayi dan juga balita dapat menyebabkan terlambatnya perkembangan penglihatan sang anak.

Berikut tahapan perkembangan penglihatan pada bayi baru lahir :

1. Penglihatan bayi baru lahir

Ketika bayi lahir ke dunia, maka penglihatannya masih belum sempurna. Meskipun pada dasarnya bayi sangat senang melihat bentuk wajah sang ibu, namun tetap saja penglihatannya masih belum sempurna. Kemampuan mata bayi baru lahir hanya bisa melihat objek dengan jarak panjang sekitar 19.6 cm hingga 29.4 cm. Bayi sudah dapat mengenal pada wajah ibunya sendiri ketika saat pertama kali sang ibu memberikan ASI.

2. Penglihatan bayi usia 6 minggu

Pada penglihatan bayi baru lahir ketika bayi sudah memasuki usia 6 minggu, maka ia sudah bisa mengenal objek dan benda yang perpindah ke kiri dan kanan. Sebenarnya untuk menstimulasi perkembangan penglihatan bayi sudah bisa dilakukan pada saat masih berada didalam kandungan. Bunda dapat memberikan paparan cahaya supaya dapat membantu rangsangan bayi. Setelah sang bayi lahir, Bunda dapat menstimulasi dengan menggunakan ASI, karena kandungan ASI dapat membantu penglihatan bayi terutama pada bagian syaraf retina bayi.

3. Penglihatan bayi usia 2 bulan

Sebenarnya pada saat bayi baru lahir dapat melihat berbagai warna, meskipun sangat sulit untuk membedakannya. Karena menurut bayi penglihatan bayi semuanya akan terlihat mirip. Hal ini disebabkan mengapa bayi akan lebih menyukai warna hitam putih dengan kontras yang tinggi.

4. Penglihatan bayi usia 3-4 bulan

Saat sudah memasuki usia 3-4 bulan, bayi sudah dapat melihat secara fokus serta dapat melihat suatu pergerakan yang telah dihasilkan oleh suatu objek. Selain itu juga, bayi akan semakin lebih sensitive terhadap rangsangan cahaya. Bayi berusia 3 bulan pendeteksian cahaya yang dilakukan bayi berkisar sekitar 10 kali lipat dibandingkan dengan pada orang dewasa, oleh karena itu sebaiknya untuk tidak memasang lampu yang terlalu terang. Supaya dapat melakukan stimulasi rangsangan cahaya, Bunda bisa membuat kamar tidur bayi yang dihiasi dengan warna beragam.

5. Penglihatan bayi usia 6 bulan

Penglihatan bayi berusia 6 bulan sudah memasuki pada tahap yang cukup sempurna. Karena pada kemampuannya dalam melihat sesuatu sudah sangat jelas. Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, maka ia memiliki kordinasi serta gerakan dalam mengontrol mata dengan baik. Untuk memberikan stimulasi pada bayi usia 6 bulan, maka Bunda dapat mengenalkannya dengan ragam mainan, warna, dan yang lainnya supaya bayi dapat menikmati penglihatannya.

Itulah tahapan pada perkembangan penglihatan bayi baru lahir usia 0-6 bulan agar Anda dapat memberikan stimulasi pada si kecil. Dengan mengetahui dan mengenal pada tahapan-tahapan penglihatan pada bayi baru lahir maka akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi abnormal yang berhubungan dengan terlambatnya penglihatan pada bayi sesuai dengan usia.

CategoriesUncategorized
Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari: Ratna Ayu
Ratna Ayu

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Dijawab Oleh : Ratna Ayu
Diskusi Dari: Lita
Lita

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh : Lita
Diskusi Dari: Della Aprita
Della Aprita

Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

Dijawab Oleh : Della Aprita
Diskusi Dari: Peni Nuryulia
Peni Nuryulia

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Dijawab Oleh : Peni Nuryulia