Tips Cepat Hamil Bagi Wanita Dengan Berat Badan Berlebih

Memimpikan kehadiran buah hati ditengah-tengah pernikahan, memang menjadi idaman setiap pasangan. Terlebih bagi mereka yang benar-benar ingin menjadi lengkap dalam satu keluarga. Akan tetapi, dibalik keinginan tersebut, tidak semua memiliki kesempatan yang sama. Ada diantaranya sebagian pasangan yang walaupun telah lama menikah, namun belum kunjung dikaruniai anak.

Mitos-mitos seputar kehamilan pun banyak beredar dimasyarakat. Salah satunya adalah jika wanita yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) akan sulit untuk cepat hamil. Namun benarkah demikian?

Jika dilihat dari pandangan medis, hal tersebut tentu tidak benar. Faktanya, baik wanita dalam keadaan terlalu gemuk pun masih memiliki kesempatan untuk hamil. Namun, untuk memungkinkan lebih cepat mendapatkan kehamilan, wanita dengan kondisi tersebut harus terlebih dahulu menurunkan berat badannya sedikit demi sedikit. Hal ini dikarenakan, kehamilan dengan bobot ibu yang berlebih memiliki sejumlah resiko yang bisa terjadi saat kehamilannya nanti. Dan hal ini juga bisa menjadi penyebab masalah kesehatan pada dirinya sendiri. Jadi, mitos tentang wanita gemuk tidak bisa hamil sebenarnya kurang tepat. Yang benar adalah, wanita yang memiliki berat badan berlebih mengetahui bagaimana tubuhnya dalam kondisi sehat secara keseluruhan.

Berat badan berlebih atau obesitas, memang menjadi salah satu penghambat dalam kehamilan. Jika Anda termasuk salah satunya, maka sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus memiliki saran dari dokter ataupun ahli gizi untuk melakukan beberapa latihan yang bisa membantu menurunkan bobot badan Anda.

Seperti yang dikatakan dalam penelitian para ahli, bahwa wanita yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 40, memiliki peluang untuk bisa hamil berkurang sebanyak 35% dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal. Selain itu, embrio akan cukup sulit ditanam pada wanita dengan berat badan berlebih. Solusi seperti bayi tabung pun nampaknya tidak dapat membantu banyak. Bahkan, bahaya lainnya adalah kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi salah satunya tekanan darah tinggi.

Perlu diingat bahwa menurunkan berat badan ketika wanita dalam kondisi sedang hamil, sangat tidak dianjurkan. Hal ini bisa malah berbalik mempengaruhi kondisi kesehatan dan perkembangan bayi yang berada dalam kandungan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menurunkan berat badan sebelum melakukan program kehamilan.

Tips Cepat Hamil Bagi Wanita Dengan Berat Badan Berlebih.

Berikut ini adalah beberapa tips yang disarankan bagi wanita dengan berat badan berlebih agar cepat hamil.

1. Hanya melakukan diet sehat.

Penting untuk selalu diingat, jika diet bukan hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan saja. Namun, diet yang sehat juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan buah hati. Caranya, perhatikan selalu apa yang menajdi asupan makanan kita. Sudah pasti makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan serta menjaga kesuburan. Adapun beberapa makanan yang dapat membantu  agar cepat hamil, diantaranya makanan yang mengandung asam folat, kol, tauge kentang, kuning telur, asparagus, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan siklus menstruasi Anda.

Jumlah lemak dalam tubuh juga memiliki pengaruh pada siklus menstruasi Anda. Jika Anda juga mengetahui bagaimana siklus menstruasi Anda sendiri, maka hal itu sudah cukup untuk Anda menentukan pasti kapan masa ovulasi (masa subur) pada tubuh Anda. Dengan begitu, kesempatan untuk segera hamil juga lebih besar.

3. Melakukan tes darah.

Tes darah penting dilakukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah dengan Tiroid, atau tidak. Maka, jika Anda dinyatakan bebas Tiroid, hal ini juga memudahkan untuk menurunkan bobot badan Anda dengan mudah. Seperti yang dikatakan diatas, diet sehat bisa dilakukan dan imbangi dengan berolahraga yang tidak terlalu berlebihan.

Bagaimana? tidak terlalu sulit bukan? Jadi, jangan percaya dulu dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Pastikan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya seperti dokter kandungan.

Semoga bermanfaat, salam! Curhat Bidan.

Baca juga : Kiat Menjaga Berat Badan Ideal Untuk Ibu Hamil

Diskusi Dari: Vina Agulia
Vina Agulia

Halo Bu Bidan, saya mau tanya sebenarnya umur berapa bayi sudah bisa diberi makan ? Tetangga saya ada yang mulai dikasih makan anaknya saat usia 4 bulan, 5 bulan, ada juga yang 6 bulan. Dan umur berapa bayi sudah bisa diberi nasi ?

Dijawab Oleh : Vina Agulia

Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

Dijawab Oleh : Dinda Amanda Permata Sari
Diskusi Dari: Rizka Rahmawati
Rizka Rahmawati

Saya sudah telat 17 hari, pas di hari ke 11 saya coba di tes tapi hasil nya negative, saya blm cek lagi takutknya negative, pertanyaannya mungkinkah saya hamil dok, terimakasih

Dijawab Oleh : Rizka Rahmawati
Diskusi Dari: Wulandari
Wulandari

Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

Dijawab Oleh : Wulandari
Diskusi Dari: Yayu Sri Handayani
Yayu Sri Handayani

Dok kenapa ya ko setiap kali bersin saya sering kali bukan 1 kali tapi malah lebih dari 8 atau 10 kali dalam satu waktu. Itu kira kira kepa ya? ko saya jadi khawatir dengan kesehatan saya ya dok.

Dijawab Oleh : Yayu Sri Handayani