Tips Mengatasi Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

Selamat datang kembali pada website Curhat Bidan kami, dimana disini kami memberikan informasi dari mulai perawatan tips ibu hamil, masalah kesehatan ibu hamil, dan semua yang bisa diketahui tentang ibu hamil, anak, kehamilan dan persalinan. Silahkan gunakan layanan Tanya Bidan kami diawal halaman jika ingin mengetahui informasi tertentu tentang kehamilan dan lainnya.

Saat hamil, banyak dari ibu-ibu terutama yang masih pemula atau merupakan pengalaman kali pertama menjadi seorang ibu hamil, pasti ada banyak sekali keluhan dan masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh perubahan fisik dan hormon. Salah satunya adalah keringat berlebih yang terjadi pada ibu hamil. Berkeringat berlebih pada siapapun merupakan kondisi tidak nyaman, dan biasanya hal ini terjadi akibat cuaca panas (kepanasan) dan sebab lainnya. Namun pada ibu hamil, berkeringat berlebih terjadi karena beberapa penyebab. Diantaranya yaitu :

  1. Mengalami peningkatan aliran darah dari dalam kulit yang membuat ibu hamil merasa lebih hangat. Akibat dari kondisi tersebut adalah rangsangat terjadi pada kelenjar keringat yang secara otomatis mendinginkan tubuh.
  2. Akibat meningkatnya hormon Progesteron, yang menyebabkan pembuluh darah kecil di kulit menjadi terbuka lebar. Hal inilah yang membuat ibu hamil selalu merasa kepanasan.
  3. Usia kehamilan yang semakin bertambah juga besar pengaruhnya dalam meningkatkan kepanasan ibu hamil.

Walaupun memang kondisi tersebut dilihat dari penyebabnya masih cukup untuk dibilang normal, karena semua ibu hamil pasti mengalaminya. Namun Anda, sebagai ibu hamil juga pasti ingin mengetahui bagaimana cara menanggulangi kondisi tersebut. Dan berikut ini adalah Tips Mengatasi Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil, simak selengkapnya ya Bunda.

  • Mengenakan baju hamil longgar dan nyaman.

Dengan menggunakan baju yang longgar sudah pasti dapat memberikan tubuh Bunda rasa nyaman walaupun berkeringat. Pakaian longgar tidak akan menempel pada pada tubuh di saat keringat mulai membanjir yang nantinya akan membuat tubuh semakin tak nyaman dan sejuk.

  • Mengenakan baju hamil berbahan katun.

Baju dari bahan kain katun menyerap keringat dengan sangat baik. Jika Bunda mengenakan baju berbahan katun, tentu akan membuat Bunda merasa nyaman saat memakainya karena saat sedang berkeringat, baju Bunda akan menyerap keringat dan Bunda tidak akan kepanasan.

  • Tidak dulu mengkonsumsi makanan pedas.

Saat kita mengkonsumsi makanan terlalu pedas, tubuh secara alami mengeluarkan keringat. Begitu juga pada ibu hamil, karena perubahan hormon ibu hamil dapat berkeringat, ditambah mengkonsumsi makanan pedas keringat akan keluar dengan berlebihan. Maka dari itu sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi makanan pedas ya Bun!

  • Kurangi stress.

Selain perubahan hormon, stress yang dialami ibu hamil juga dikaitkan dengan meningkatnya produksi keringat. Oleh karena itu, Bunda harus mengurangi stress dengan cara menghindari berbagai hal yang dapat memicu stress tersebut. Hal ini juga secara otomatis dapat mengurangi produksi keringat berlebih Anda selama masa kehamilan.

Itu dia selengkapnya tentang tips mengatasi keringat berlebih yang terjadi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat, nantikan tips menarik lainnya. Salam!

Diskusi Dari: Aisyah Putri Setiawan
Aisyah Putri Setiawan

Siang bu bidan.

2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
Diskusi Dari: Amelia Putri
Amelia Putri

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Dijawab Oleh : Amelia Putri
Diskusi Dari: Harniia Alfawija
Harniia Alfawija

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Harniia Alfawija
Diskusi Dari: Naima Ulfatunnisa
Naima Ulfatunnisa

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

Dijawab Oleh : Naima Ulfatunnisa
Diskusi Dari: Nunung N
Nunung N

Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

Dijawab Oleh : Nunung N